Mie Jawa Alternatif

Kenapa namanya Mie Jawa Alternatif? Ya karena bahan-bahannya alternatif semua, semacam tak ada rotan akar pun jadi… Ya mie-nya sih nggak dimasak pake akar juga kaleeee…. hahahaha pokonya pake bahan seadanya aja deh.

Salah satu ciri khas yang paling utama dari Mie Jawa kan penggunaan kemiri yah, naaah… masalahnya, akika tak punya kemiri di rumah… untuk menambahkan rasa mlekethrek dan nutty maka saya pakai kacang tanah, litterally nut :mrgreen:

Beklah, apa saja bahan-bahannya?

– Mie Sayur 250 gr, itu looo… mie sayur yang diproduksi oleh IPB, yang sekarang banyak dijual di mall-mall ituh… Rebus dalam air mendidih selama 5-7 menit kemudian buang air panas, dan matikan proses pemasakannya; biar nggak ndlodoh siram pakai air dingin lalu tiriskan.

– 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 25 butir merica (kalau suka rasa pedas merica boleh ditambah lagi), seujung kuku kelingking pala (kalau ada, saya nggak ada, lha kok ditulis? 😆 ), setengah genggam tangan kacang tanah, garam secukupnya. Haluskan semua bumbu ini

– Dedagingan, saya cuma pakai sosis, baso, dan telur. Sayurnya, cuma caisim & taoge panjang.

– Kecap manis

Cara memasaknya:

– Oseng dedangingan, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, terus tumis sampai wangi.

– Masukkan mie yang sudah ditriskan tadi, aduk-aduk sampai rata dengan bumbu & dedagingan,lalu masukkan taoge, aduk lagi sampai taoge agak layu, masukkan caisim, aduk 2-3 kali, tambahkan kecap manis. Mateng deh.

– Taburi dengan bawang goreng ketika disajikan. Eni Suraeni Marheni deeeh…

Ini dia, Mie Jawa Goreng Alternatif a la Jeng Tini…. Monggoooo…