FF [Food on Friday]: Selera Nusantara

Tema tahun ini untuk acara makan siang bersama di kantor adalah selera nusantara. Pak Bos saya yang bukan orang Indonesia itu, kebetulan juga senang mencoba makanan-makanan Indonesia, jadilah tiap bulan kami sekantor kurilingan nyari restoran makanan khas Indonesia yang ada di seputaran kantor saya.

Seperti biasa, kalau lagi nggak dipikir, tempat makan bermunculan bagai jamur di musim hujan *tsaaah* tapi begitu kami bikin target harus makan makanan khas tiap-tiap daerah di Indonesia, whoaaa… bingung deh. Ternyata, makanan Indonesia ya itu-itu aja, makanan a la Padang, Sunda dan Jawa yang paling banyak. Sisanya restoran yang nyampur-nyampur gitu deh; nggak khas suatu daerah tertentu gitu.

Ini adalah tiga tempat yang kami datangi beberapa bulan terakhir. Saya lupa tepatnya kapan, pokoknya saya upload karena foto-fotonya masih tersimpan di kamera saya… hahahaha iya, semua sudah hapal, kalau makan bareng, pasti gak boleh dicolek dulu sebelum saya kelar foto.

Rumah Makan Sulawesi (Ikan Bakar khas Makassar)

Jl. Panglima Polim IX No.19, JakSel

Telp: (021) 7265045

otak – otak

sambal-sambalnya

Lalu, bagaimana kesan dan pesannya? Kami semua sepakat, yang enak dari warung ini hanyalah cah kangkungnya saja… Bayangin bok, kita sampai nambah itu cah kangkung 3 atau 4 kali gitu ­čść udang dan ikannya malah biasa aja. Yang paling mengecewakan memang udangnya, gak segar. Kalau ditanya, bakal balik lagi nggak? Kayanyanya nggak… biar kata cah kangkungnya ueeenak banget, tapi rasanya saya pribadi sih nggak akan kembali, kurang masuk selera deh.

Total koprol? 1 kali koprol ke Grand Wijaya deh ya…

RM. Masakan Bu Endang – Cipete (Makanan khas Semarang-an)

Jl. Cipete Raya no. 16C JakSel
Telp: (021) 7663585

Saya adalah orang yang paling ngotot agar kami datang ke rumah makan ini, saya jatuh cinta pada suapan pertama. Ketika datang lagi, saya mencoba menu-menu yang sebelumnya tidak kami coba. Rasanya? Enak tetapi terlalu lekoh dan ketika selesai makan, kami malah eneg, atau karena kebanyakan makan?! Hihihi…. Yang jadi juara saat itu si cumi item dan sayur lodehnya. Biar pun kunjungan kali ini kurang memuaskan, saya masih akan kembali ke warung ini. Saya berharap banyak deh *ih apaan sih*

Total koprol? 3 kali koprol ke Fatmawati.

SMARAPURA (Makanan khas Bali)

Jl. Tebet Timur Dalam II No. 43 Jaksel 12820

Telp: (021) 83702402 / 36001301

Cabang: Mall Ambasador Lantai IV FC 2 Blok D No. 7

Plecing Kangkung
Sate Lilit Ikan
Sate Plecing Ayam
Sate Sapi
Ayam Betutu Gilimanuk
Udang Asam Manis
Bawal Bakar
Tum Nangka

Hebat ya, saya masih ingat semua nama-nama makanan ini *hidung kembang-kempis*.

Thanks to Vanya, yang merekomendasikan tempat makan ini. Sudah beberapa bulan terakhir saya penasaran pengen acara makan siang kantor di warung makanan Bali. Tapi belum ketemu aja tempat makanan Bali yang okeh. Ada sih ayam betutu Gilimanuk yang di Senopati situh, tapi saya kurang puas sama variasi menunya; pokonya ayam betutu thok-til. Kurang seru buat acara kantor yang asiknya makan bisa share ini-itu.

Makanan di Smarapura ini enak-enak dan lumayan otentik. Okelah, nggak semuanya luar biasa tapi kalau kangen makanan Bali, boleh mampir ke mari. Yang jadi bintang hari itu adalah sate plecing ayamnya.

Saya jelas akan datang lagi ke mari. Berapa koprol? 3 kali koprol dari Pancoran ke Tebet ya…

Untuk bulan ini, rasanya mau libur dulu. Mungkin bulan depan mesti nyoba masakan Menado lagi, dulu sudah pernah ke Beautika tapi gagal secara rasa, mungkin harus dibawa ke Tinoor. Setelah itu, masakan Palembang, lalu masakan Kalimantan, kemudian masakan Lombok…

Ada rekomendasi?