Bebas Aja, Beb!

Sontak rame-rame soal capres & cawapres. Ada yang kecewa, ada yang sinis, ada yang senang. Bebas! Aku juga mau turut ria-ria menyemarakkan suasana.
Temen-temen di sini mau jadi pengamat polititik atau ikut terjun jadi praktisi… monggo… Bebas, beb!

Yang nggak bebas itu, kalau udah mulai memaksakan kehendak dan menganggap yang beda pilihan itu lebih rendah kastanya dan lebih bodoh. Ya, memang… orang bodoh di dunia ini banyak, tapi ya nggak perlu membodoh-bodohkan orang. Ingat beb, semua orang akan bodoh pada waktunya karena orang pintar minum tolak angin. Egimana?!
 
Mau pilih Pak Jokowi, monggo!
Mau pilih Pak Prabowo, silahken!
Mau golput aja, bebas juga beb!
Pilihan – pilihan tersedia, beb… yang milih Pak Jokowi, tidak lebih tinggi kastanya daripada yang milih Pak Prabowo atau pun yang golput. Yang milih Pak Prabowo, tidak lebih tinggi derajatnya daripada yang milih Pak Jokowi atau yang golput. Pun yang mau golput, nggak lebih tinggi juga derajat dan kastanya dibanding yang memutuskan untuk milih. Kita semua sama, sederajat, sekasta dan sepergoblokan. Nggak usah jumawa karena kamu milih Pak Jokowi atau Pak Prabowo atau golput. 
Sek, ini sudah pasti calonnya dua aja? Sudah pasti akan golput mati-matian? Sudah pasti harga mati salah satu calon?
 
Ingat beb, esok masih belum usai… yang paling nggak pasti itu keputusan manusia… sementara yang pasti cuma Matahari akan terbit dari timur (ya kalau memang besok terbit).
 
Yang pasti, beb… dunia perfesbukan dan pertwitteran dan perapa-aja akan riuh rendah memasuki masa kampanye… siapkan hati tenang, banyakin olah raga biar tekanan darah stabil dan jangan lupa perbanyak baca kamus biar kalau nulis status panjang lebar, enak dibacanya (yang paling mendasar, mohon untuk semuanya memahami di- awalan dan di- untuk kata penunjuk, tak lupa pelajari lagi soal penempatan tanda baca).
Aku sih bukan Ivan Lanin yang mumpuni soal berbahasa, beb… banyak juga salahku… makanya aku juga gak berhenti belajar dan menerima koreksi soal apa aja. Ya kalau mau tinggi-tinggian kasta, paling nggak kastaku lebih tinggi lah kalo cuma masalah penulisan di- dibandingkan sama yang di bandingkan. Hahaha… jangan kesel, beb! Kan, aku padamu.
Ya gitu deh… ingat-ingat aja buat kalian semua ya beb, selain buat milih presiden… baiknya kalian juga milih-milih temen… sing kakean cangkem dan bikin tekanan darah naik, unfriend atau unfollow aja… jangan sampai kelian mati muda cuma gara-gara hati panas kepala ngebul baca update status temen.
Pokoknya, kalian gak boleh lupa… BEBAS AJA, BEB!!! Mau jungkir walik belain calonmu dan promosiin pilihanmu, BEBAS! Namun, jangan sekali-kali menganggap yang beda pilihan itu lebih rendah daripada kamu. Bahasa lisan, dan terutama tulisan kalian mohon dijaga, karena dari situlah kesan merendahkan itu timbul. Bahasa itu kan mencerminkan rasa. Iya toh? Ya pasti iya…
Gitu aja, beb! SELAMAT BERRIA-RIA!
Advertisements

One thought on “Bebas Aja, Beb!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s