Mohon Maaf Lahir & Batin

image

Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir & batin.

Ketika saya masih dalam masa-masa sinis terhadap semua agama, ucapan ini sempat menjadi cemooh saya dalam hati, minta maaf kok cuma setahun sekali. Ya kalau salah minta maaf, kalau nggak juga ngapain basa-basi minta maaf. Saya memang lahir dengan bawaan tinggi hati, gengsian dan sok. Untungnya, ada banyak soal latihan yang diberikan oleh Sang Khalik hingga pada hari ini saya bisa memahami bahwa, sebenarnya waktu hari raya ini adalah suatu keuntungan buat spesies saya untuk meminta maaf tanpa turun gengsi. Untuk semua kesalahan yang terlambat disadari dan kayaknya sudah kadaluwarsa untuk minta maaf, inilah saatnya minta maaf tanpa kena denda di gengsi. Apa sih?! Hahahaha…. hanya manusia-manusia gengsian yang paham perasaan gengsi minta maaf ini😛

Saya perlu alasan untuk meminta maaf. Saya juga tak perlu alasan untuk meminta maaf.

Sudahlah. Saya ingin memanfaatkan momen ini untuk betul-betul menyebar permintaan maaf yang setulus-tulusnya, untuk semua kesalahan saya, baik yang saya sadari tapi terlalu gengsi untuk minta maaf atau pun yang betul-betul tidak saya sadari.

Juga selamat menikmati liburan bersama keluarga! Dalam hal saya, liburan kali ini berarti, leyeh-leyeh tanpa batas waktu di teras rumah sambil minum teh / kopi/ susu coklat hangat sambil membaca dan nyemil, diiringi cuitan burung liar, nyanyian tonggeret, bunyi gemericik air mancur dan semilir angin.

image
Kurang lebih, inilah keseharian saya....

Ya begitulah. Mari kita nikmati liburan ini! Hore!

2 thoughts on “Mohon Maaf Lahir & Batin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s