Omakase & Kepasrahan Rasa

Omakase at Umaku Sushi

Apa sih Omakase? Menurut Wikipedia, Omakase secara bebas diartikan sebagai: I’ll leave it to you (chef – ini tambahan saya). Menurut saya, bisa juga diartikan sebagai, pesan makanan tapi nggak dari menu, pasrah aja deh.

Omakase ini menjadi sangat menarik karena menu yang dibuatkan oleh Chef adalah berdasarkan bahan yang terbaik pada saat itu. Ya kalau ikan Mackarel-nya lagi cakep banget… ya disuguhin itu. Scallopnya lagi kece, ya itu yang dijadikan hidangan. Sementara menu regular, biasanya ya itu-itu aja karena bahan yang bagus sepanjang musim juga nggak banyak, Omakase memberikan kejutan dengan bahan-bahan yang tidak selalu ada di setiap musim.

1. Salad

Sudah dua kali ini saya mencoba menu Omakase di Umaku Sushi. Dua-duanya memberikan kegirangan yang luar biasa. Pertama tentu saja karena makanannya, dari delapan belas menu yang disajikan, sebentar… gimana, delapan belas? DELAPAN BELAS?😀 Jangan kuatir, 18 itu, nggak bikin kenyang sampai pingsan kok. Karena memang telah diatur keluarnya. Okay, semua delapan belas menu ini, menyenangkan sangat. Dengan diawali salad untuk merangsang nafsu makan, kemudian diawali oleh sashimi dari ikan-ikan segar, yang manis dan masih kerasa banget rasa manis dan gurihnya lautan, diselingi sup lalu menuju ke sushi, dan ditutup oleh eel sushi. Dan hidangan ke-19 (!) adalah dessert.

2. Akame Zuke

Malam itu yang menjadi juara umum adalah Scallop Hokaido yang segar betul! Ada dua macam yang disajikan, yang satu sashimi disajikan setelah dikucuri jeruk dan parutan kulit jeruk, yang satu lagi di-torch tipis aja. Manis dan rasa mineral, seperti garam dan besi, bercampur dengan wangi jeruk… sebentar, saya belum menemukan padanan kata yang tepat dalam menggambarkannya. Kami semua, langsung ah-uh-ah-uh… Saya sendiri sudah beberapa kali mencicipi Scallop Hokaido, namun yang kemarin itu betul-betul luar biasa.

3. Scallop Hokaido

4. Mekaziki (swordfish)

5. Salmon Aburi with miso

6. Tuna Sashimi

Kalau Scallop juara umum, buat saya, juara selanjutnya adalah telur ikannya. Otak saya waktu melihat Chef mempersiapkan itu, langsung yang… aduh… amis deh. Tetapi, saya datang dengan hati yang bersih *halah, apa sih* pas semua telur itu pecah di dalam mulut… pyar!! Lautan segar menghambur dan harum ikan memenuhi rongga hidung saya. Agak aneh, agak di luar selera saya, tapi entah kenapa…saya kok suka.

7. Tuna belly yakitori

8. Shiromi Ankake

9. Clam sushi

10. Saba Sushi
11. Shrimp Sushi
12. Ika Sushi
13. Toro Sushi

14. Fish Egg

Penutupnya, dessert kami malam itu adalah Ogura dengan matcha jelly dan melon syrup. Tidak terlalu manis, harum lemon, kenyalnya jelly… ludes dalam sekejab meskipun sebelumnya kami sudah dimanjakan oleh 18 menu yang menyenangkan hati.

15. Salmon Aburi

16. Salmon Miso Soup

Alasan kedua kenapa Omakase menjadi menyenangkan adalah, saya menikmatinya bersama teman-teman yang sama-sama antusiasnya dengan Omakase. Rasa penasaran kami, keterkejutan kami menjadi tambahan bumbu yang membuat semua itu menjadi nikmat. Kami semua datang dengan kepasrahan yang sama😀

17. Ginza Roll

18. Eel Sushi

Sungguh, saya menyarankan kalian mencoba Omakase ini sekali saja… kayaknya perlu banget loh… ahahahaha… Tidak semua restoran Jepang ada menu Omakase, beberapa restoran yang saya tahu, membandrol harga 1,2jt hingga 2 jt untuk 18 menu Omakase. Di Umaku Sushi, kami membayar sekitar 350rb+ tax untuk 18 menu. Tapi ada minimal pesertanya, saya nggak ingat berapa, langsung aja deh kontak mereka untuk info.

19. Dessert

Oh iya, satu lagi… kalau misalnya ndak mau Omakase, tapi pesen a la carte di Umaku, coba tanya aja, hari itu ada apa yang special, untung-untung dapet Scallop Hokaido atau Ama Ebi. Juarak.

Umaku Sushi Resto

Jl. Duren Tiga Raya No. 32

Telp. (021) 79170337 / 71650299

Jakarta Selatan

8 thoughts on “Omakase & Kepasrahan Rasa

    1. ah… serba salah klo ada yang nggak doyan… gak doyannya karena alergi atau karena rasa? Kalau karena alergi, baiknya kasih tau dulu alergi apa, supaya pemilihan menunya bisa disesuaikan.
      Tapi kalau karena rasa… menurut gue sih, hajar aja… mungkin dulu yg dirasa nggak enak jadi nggak doyan, yang ini udah terpilih kok…
      Harga bersahabat pisan deh di Umaku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s