Melakukan Kesalahan

Hal yang paling menakutkan buat saya sejak dulu adalah, berbuat salah. Tapi ternyata, hidup ini pembelajarannya dari berbuat salah. Banyak penyesalan setelahnya, tapi setelah penyesalan lama berlalu, baru saya sadari… memang sudah seharusnya saya melakukan kesalahan itu dan sudah seharusnya saya menyesal.

Siklus itu selalu berulang. Bahkan sampai sekarang, meskipun saya tahu bahwa ada kesalahan yang memang harus begitu… namun tetap saja, gondoknya akibat menyesal nggak kelar-kelar.

Duuh… baru bikin salah apa sih? Nggak tau😀 tiba-tiba saja saya terpikir hal ini, bahwa hidup adalah sekumpulan kesalahan.

Jika memang kesalahan itu sudah selayaknya dilakukan, maka yang salah itu sebenarnya adalah kebenaran, dong? Karena kan, ya sudah selayaknya begitu? Lhaaa…piye tho, ini kok mbulet aja?!

Gini, salah dan benar dalam hidup ini rasanya tidak pernah mutlak. Pada saat kejadian, mungkin saja hal itu dirasa adalah hal yang paling benar untuk dilakukan, namun ketika keadaan bertambah buruk, maka hal itu berubah status menjadi salah dan timbul penyesalan, kemudian waktu berlalu memadamkan api dan segala hal yang tadi membara telah berubah menjadi abu yang dingin, saya melihat semuanya dan berpikir, oh ternyata memang saya harus melakukan kesalahan supaya saya sampai di titik ini dan memahami persoalan sebenarnya. Jadi, itu adalah kesalahan yang benar karena memang hal-hal yang terjadi sudah seharusnya demikian, semacam burung Phoenix yang lahir dari abu-nya, api membakar hal yang tak perlu supaya saya bisa belajar.

Tapi bisa juga, saat mengorek-ngorek abu yang dingin, saya menemukan hal lain yang seharusnya tidak turut terbakar menjadi abu, dan tidak ada jalan lain untuk memperbaikinya sehingga saya harus rela mengakui bahwa saya telah salah dan harus menanggung penyesalan itu.

Entahlah…

Ah, sudahlah… kenapa mesti saya memikirkan hal yang absurd seperti melakukan kesalahan, jika sebenarnya saya sudah paham bahwa hidup ini adalah sekumpulan kesalahan?

Marilah kita menghibur diri sendiri dengan lagu dari Bastille berikut ini… dan selamat melakukan kesalahan untuk minggu ini!

3 thoughts on “Melakukan Kesalahan

  1. pernah nonton film 3 idiots kan ?
    soal galau akan kesalahan ini dipresentasikan dengan apik oleh tokoh Raju Rastogi, pemecahannya pun dijelaskan dengan apik di film itu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s