Nasi Campur Made Weti – Sanur

Pantai Sanur adalah salah satu spot terbaik di Bali untuk melihat matahari terbit.  Memandang matahari terbit, meskipun sepele dan sepertinya lebay, tidak dapat dipungkiri bisa membuat pagi menjadi lebih baik dua kali lipat. Dan pagi yang baik akan menjadi lebih sempurna dengan sarapan yang nikmat.  Apalagi dengan menikmati kuliner asli Bali.  Di daerah Sanur  ini terdapat tempat makan khas Bali bernama Nasi Campur Made Weti.  Letaknya  di Jl. Pantai Segara, Sanur (tidak jauh dari lokasi Sop Ikan Mak Beng)

Warung ini sangat laris dan antriannya cukup ramai. Saya sarankan Anda mengunjungi Ibu Made Weti saat hari kerja karena antriannya lebih pendek.  Pada saat akhir pekan antriannya cukup panjang dan kurang rapi, sehingga harus banyak bersabar dalam menunggu giliran.

Ibu Made Weti membuka warungnya sejak pukul 8 pagi.  Namun sebaiknya Anda datang lebih pagi dan sudah duduk manis di sana sejak pukul 7.30 pagi.  Selain memastikan untuk mendapat nomor antrian yang awal, Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan Ibu Made Weti meracik dan mempersiapkan masakannya.   Setiap gerakan menguleni, mencampur bumbu, terlihat begitu ritmis; seperti gerakan meditasi pada doa puja.

Lalu bagaimana rasa nasi campurnya? Sebelum menjelaskan rasanya, saya akan memberitahu isi dari sepiring Nasi Campur Ibu Weti.  Nasi campur Ibu Weti ini berisikan nasi putih yang dilengkapi berbagai lauk seperti ayam betutu / panggang yang disuwir, daging kepiting, telur rebus yang dipindang, berbagai macam lawar (salah satunya adalah lawar kelapa muda),  sambal goreng, serta kulit ayam yang digoreng.  Kombinasi dari nasi hangat lagi pulen berpadu dengan semua lauk pauk, ditimpa oleh rasa pedas dari sambal, memberikan perpaduan rasa dan tekstur yang sempurna; Hangat, krenyes-krenyes dan kriuk-kriuk ditambah pedas. Suatu perpaduan harmonis cita rasa Bali yang eksotis & dinamis di mulut Anda.

Sungguh patut  dicoba.  Setelah menghabiskan sepiring Nasi Campur Ibu Made Weti, saya merasa perjuangan saya bangun pagi dan mengantre sangatlah sebanding dengan kenikmatan yang telah saya cicipi.

Seperti yang telah diposting di Travelers Daily, tapi dengan lebih banyak gambar😀

3 thoughts on “Nasi Campur Made Weti – Sanur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s