#FF [Food onFriday]: Hidangan Lebaran

Lebaran tahun ini, saya berhasil membuat sajian lebaran yaitu lontong sayur + opor ayam + sambal goreng kentang lidah. Hebat ya…

Tentu saja, semua masakan saya itu, disponsori oleh… Bumbu Mbah Djo dooong… saya memang blogger berbayarnya Mbah Djo, seumur hidup… jiahahaha

Mari kita tampilken dulu ya gambarnya…

Meskipun pakai bumbu jadi, saya bangga sekali lho berhasil memasak hidangan lebaran ini… Bayangkan, saat takbir berkumandang, saya sudah menikmati lontong sayur dengan khidmat, diiringi derai air hujan yang turun ke bumi! Syaik bener kan?

Jadi, awal muawalnya saya bikin masakan ini adalah karena secara nggak sengaja saya lihat di Total Buah ada produk lontong siap rebus dari produsen Noni atau apalah… pokonya semacam instant jugalah. Beras sudah diplastikin dan kita tinggal merebus selama 40 menit sahaja, lalu lontong siap dinikmati. Kalau bikin lontong, nggak bikin lauknya kan ya nggak asyik ya… jadilah, saya berencana memasak hidangan lebaran komplit.

Selama berhari-hari, saya kepikiran bikin Kare, sekali masak, ada sayur dan ada ayamnya, plus bikin Sambal Goreng Kentang Ati. Tapi saya juga tergoda untuk bikin kombinasi dari Opor Ayam, Sayur Lodeh, dan Sambal Goreng Kentang. Bolak-balik bolak-balik… akhirnya kombinasi kedua lah yang saya pilih. Dodolnya, pas mau masak Sayur Lodeh, saya nggak punya bawang putih-merah, dll untuk bikin bumbu. Pinter banget emang. Tapi untungnya, dalam rangkaian produk *halah* Bumbu Masak Mbah Djo, terdapat bumbu Gulai. Ya sudah, saya cemplungin aja bumbu itu. Eh, lha kok enak juga…😆

Baiklah, ini cara masak abal-abal a la saya:

Lontong:

Lontong beli lontong instant di Total Buah, lupa mereknya. Gampang banget bikinnya. Dicuci kantong-kantong berasnya, trus direbus selama 40 – 60 menit, lalu dinginkan… potong, trus siap disantap. Cukup lembut dan enak kok.

Sayur Lodeh binti Gulai

Sayuran: Labu Siam diserut tipis-tipis pakai serutan, terong, tahu goreng, dan kacang panjang potong pendek-pendek, btw kasian ya si kacang panjang ini… dia dikondisikan untuk labil; kacang panjang pendek-pendek *gak penting*.

Didihkan air secukupnya (sungguh, saya beneran kira-kira doang airnya), setelah mendidih, semua sayuran & tahu. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan 100gr bumbu Gulai a la Mbah Djo. Kecilkan api, masukkan santan kemasan Kara 1 bungkus, aduk perlahan sampai bumbu meresap ke sayuran & tahu. Garam saya tambahkan sedikit, sesuai selera.

Sambal Goreng Kentang Lidah

Sehari sebelum lebaran, nggak ada ati dijual di warung yang saya datengin. Berhubung males, dan penasaran pingin coba juga, saya ambil saja lidah sapi. Baru setelah sampai rumah, bingung… masaknya gimana😆 untungnya Ayu_Maysita ngasih tau, rebus aja sampai empuk, gitu doang. Okesip.

4 kentang ukuran sedang iris dadu, lalu digoreng agak kering.

Lidah sapi (lupa berapa gram) rebus sampai lunak, potong-potong dadu, trus saya goseng bentar biar ada kering-keringnya dikit.

Trus campurin lidah & kentang, masukkan 100 gr Bumbu Merah a la Mbah Djo, trus kasih santan kental kira-kira 3 sendok, air sedikit, trus tambah garam sedikiiiiiiit… trus masak sampai kering.

Ini hidangan endang bambang bang bang. Sakseus banget.

Opor Ayam

3 potong paha, 2 potong dada diungkep dikit biar rada keset ayamnya, lalu masukkan 100 gr bumbu Opor a la Mbah Djo, masukkan 1 bungkus santan kemasan Kara 50 ml, trus tambah air. Masak sampai ayam matang dan kuah agak kering.

Ini kebanyakan bumbu jadi rada asin. Tapi gak pa-pa deh… masih oke, karena kemudian si sayur saya tambahin air biar nggak terlalu asin. Kalau dimakan sepiring, keasinan si opor akan mensubsidi ketidakasinan si sayur… hahahaha ciamik banget ya logika saya.

Gitu doang deh masakan saya pas lebaran kemaren. Total waktu memasak kurleb 2.30 jam deh… soalnya kompor saya cuma 1 tungku, klo 2 tungku mungkin lebih cepat. Penyelamat terbesar kali ini, tentu saja Bumbu Masak Mbah Djo. Serasa dimasakin simbokku langsung…:mrgreen:

Nah, kalau kalian… apa masakan lebarannya?

PS. Kalau tertarik Bumbu Masak Mbah Djo, silahken intip-intip di mari, dan email ke order@mbahdjo.com.

2 thoughts on “#FF [Food onFriday]: Hidangan Lebaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s