Makansutra Indonesia 2013

Setelah satu dekade, akhirnya ada lagi buku Makansutra edisi Indonesia! Yippie! Dan yang paling menyenangkan, saya ikutan terlibat menulis review dalam buku ini.

Makansutra Indonesia 2013, mereview 500 tempat makan dari 3 kota, yaitu: Bali, Bandung, dan Jakarta, yang Jakarta dibagi juga menjadi bagian Jakarta Utara, Selatan, Barat, dan Timur, rapi banget deh. Semua review ini murni opini dari makanmatas alias food police alias reviewer-nya. Nggak ada sponsor-sponsoran dari warung yang kami review. Wong yang punya warung juga nggak sadar kok kalau warungnya sedang kita review, paling kita cuma dianggep konsumen yang ceriwis banget karena banyak nanya😆

Review ini betul-betul personal. Meskipun demikian kami berusaha seobyektif mungkin, tidak ada kata-kata yang melabeli suatu makanan itu enak atau nggak enak, karena memang itu kan kaitannya dengan selera. Rasa dijelaskan dengan baik. Tapi ada level sumpit, kalau saya itu berdasarkan keseluruhan, kualitas bahan makanan yang membentuk rasa, servis, kebersihan, kenyamanan makan, harga, dll. Karena makan kan nggak cuma makan thok. Ada unsur-unsur lain yang bikin kita merasa enak makan di situ.

Trus gara-gara buku ini, saya kan jadi pengen ngider Jakarta Barat & Utara… nampaknya sedap-sedap. Yuk meri!:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s