Buku: The Various Flavours of Coffee – Rasa Cinta Dalam Kopi

Ini adalah buku ketiga dari Anthony Capella yang saya baca.

Kali ini, Anthony Capella mengambil kopi sebagai latar belakang ceritanya. Tak melulu  soal kopi, AC juga menyelipkan cerita mengenai perjuangan kaum wanita di Inggris, cerita mengenai perdagangan saham – yang ini bikin saya agak bosan karena saya susah memahami konsep ekonominya😆 juga selipan cerita-cerita mengenai perbudakan.

Mengambil setting di London dan Afrika, pada masa Ratu Victoria. Tokohnya adalah Robert Wallis seorang penyair yang drop out dari Oxford. Dia kemudian bertemu Samuel Pinker yang merupakan pengusaha importir dan Pinker yang memiliki insting kuat dalam bisnis, mempekerjakan Robert untuk menjadi cupper. Istilah itu belum dipakai pada masa itu sih, cupper itu pencicip kopi. Robert dipilih karena kemampuannya menggambarkan rasa dan kepekaannya terhadap rasa kopi.

Pada masa bekerja dengan Pinker inilah, Robert kemudian jatuh cinta pada putri Pinker. Rasa cinta ini juga yang membuat Robert dikirim ke Afrika untuk membuka perkebunan kopi. Cilakanya, Robert yang masih muda belia dengan gairah membara ini kok ya jatuh cinta lagi sama seorang budak pedagang kopi langganan Pinker. Belum lagi ada cerita soal suku asli di pedalaman Afrika yang penuh dengan kegiatan mistis.

Meski berlatar belakang sejarah dan berbagai aroma kopi, pada dasarnya buku ini adalah kisah cinta. Kisah bagaimana Robert Wallis menemukan cintanya.

Dan buat saya, yang paling menyenangkan memang saat Robert ini menganalisa rasa kopi. Kemudian menggambarkan gadis idamannya dengan bau-bauan kopi. Moka, rasa pahit terbakar, pahit yang meninggalkan manis. Seolah-olah, saya benar-benar sedang menikmati secangkir kopi di sebuah cafe di London pada era Victorian.

Dibandingkan dua bukunya yang terdahulu, Food of Love dan Wedding Officer, buku ini lebih kompleks, meskipun masih ringan dan menyenangkan untuk dibaca. Apalagi dibaca sambil minum kopi. Hmm…

Btw, jadi nggak sabar pengen baca buku AC yang berikutnya, The Empress of Ice Cream.

Bonus: The Food of Love – Anthony Capella

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s