Sammy’s Hill – Dunia Sammy

Buku ini diterbitkan sudah lama banget, sekitar tahun 2004. Berhubung baru kelar baca lanjutannya, Sammy’s House, pengen review tapi nggak afdol kalau nggak review buku yang pertama. Saya baca versi Bahasa Indonesia, terbitan Gramedia. Sekarang rasanya sudah tidak dicetak lagi. Kasian yaa…

Sammy’s Hill, ini berkisah tentang seorang cewek 20-an yang agak labil, namanya Samantha Joyce tapi dipangggil Sammy. Dia bekerja sebagai penasihat kesehatan untuk salah seorang senator dari Ohio di Capitol Hill. Diceritakan di situ, bagaimana Sammy ada dalam tim yang memperjuangkan RUU Kesehatan yang ditentang oleh partai oposisi yang saat ini sedang berkuasa.

Selayaknya chicklit, tentu saja ada kisah cinta Sammy di sini. Dia pacaran dengan Kent-nya Capitol Hill, Aaron yang ganteng juga berprestasi. Aaron ini bekerja pada senator lain, masih satu partai dengan senator atasan Sammy, tapi beda visi sebenarnya. Dalam pekerjaan, Sammy sangat kompeten, tapi kehidupan pribadinya, konyol banget. Diceritakan, Sammy tidak pernah berhasil memelihara ikan cupang, selalu mati dengan sukses. Udah gitu, si Sammy ini juga clumsy, sering jatuh kesandung nggak jelas. Pernah ke kantor pake sepatu yang berbeda kiri kanan, satu sandal cantik dan satu lagi sepatu olahraga. Konyol banget.

Belum cukup konyolnya, Sammy ini punya kecenderungan untuk takut menderita penyakit yang belum dideritanya, plus serangan binatang-binatang liar. Misalnya, dia membayangkan kalau tiba-tiba beruang di kebun binatang lepas, lalu dia akan segera bergelung agar beruang terkecoh. Trus dia merayakan hari-hari yang aneh gitu, misalnya peringatan diputarnya film exorcist.

Agak-agak kasian sih si Sammy ini, mungkin karena dia terlalu pinter, jadi malah aneh-aneh aja.

Yang menarik buat saya, adalah cerita mengenai proses kampanye presiden di Amerika sana. Senator atasan Sammy ini ceritanya dicalonkan jadi Wakil Presiden, paling nggak dari situ, saya jadi ngeh prosesnya gimana dah. Penulis Sammy’s Hill adalah Kristin Gore, yang merupakan putri dari Al Gore, mantan Wakiil Presiden Amerika. Agak nggak heran juga sih kalau dia menulis novel chicklit dengan latar belakang Capitol Hill dan White House. Dan ketika membaca ini, saya kok malah ngebayangin senator atasan si Sammy ini Al Gore yak…

Buku ini lumayan lucu, meskipun ada beberapa bagian yang bosenin, tapi ya udah lah yaaa… wong namanya juga novel chicklit… boleh bodoh-bodohan…😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s