Service @BiznetNetworks

Jadi ya, kemarin dan hari ini sampai jam 12 siang, internet kantor saya mati. Kami pakai service dari Biznet.

Selama ini, koneksinya nyala-mati-nyala mati aja. Berkali-kali kami komplain & telpon ke Biznet, jawabannya selalu sama: matikan modem beberapa saat kalau tidak bisa coba by pass.

Sebenernya, sebelum nelpon pun kami sudah mematikan modem, karena setiap telpon disuruh begitu, kita juga gak bego dong yaa… dilakukan dulu cara yang standar itu. Masalahnya, kalau bypass itu emang nggak bisa, modem di pantry yang jaraknya 5 meter dari komputer kami, ini gak bisa aja dilakukan. Selama saya kerja di kantor ini, internetnya itu selalu begini. Kami sudah ingin pindah ke provider lain tapi nggak ada servicenya yang melayani gedung kami.

Puncaknya kemarin, total mati. Duh… drama pun dimulai. Telpon ke CS, ya seperti biasa, standar, suruh matiin & by pass. Akhirnya, kami minjem laptop, nah bisa by pass kan tuh. Udah, pak bos saya tuh utak-utik, dia latar belakangnya kan IT, jadi ngartilah macam ginian… dia bilang sama CS Biznet, problemnya ini memang koneksi dari kalian jelek, harus ada teknisi yang datang untuk checking. Eh, CS-nya bilang coba dulu dari sini pak, bapak coba lagi. Si bos trus ngambek deh, udah dibilang ini semua cara sudah dilakukan, nggak ada tanda-tanda data yang terkoneksi. Akhirnya CS bilang mau menelpon lagi untuk konfirmasi teknisi.

Sampai jam 4 sore, kami gak ditelpon ataupun dikonfirmasi soal teknisi. Kami telpon lagi dong… kami taulah, pasti jam 4 sore nggak keburu kalau teknisi datang, kami bilang ya sudah besok pagi saja nggak apa-apa.

Pagi tadi, karena sudah paham sama CS Biznet yang clueless dan gak informatif, kami nelpon dong, untuk konfirmasi mengenai teknisi. Kami sudah ada nomer complaint, langsung dong kami bilang aja no complaint sekian, biar gak usah nerangin lagi… kami pikir mereka itu kalau terima telepon pengaduan kan dicatet ya kronologinya. Eh ternyata kagak bok. Dia bilang lagi, kita disuruh matiin modem & by pass. E caaaapeee deh!

Kami jelaskan lagi dari awal, tadinya mau dengan nada suara baik-baik tapi gak bisa, keburu marah je. Kami bilang, kami perlu teknisi untuk datang. Si CS masih mbulet aja…gak jelas. Trus kami bilang, “kami bayar kok mbak teknisinya, kami sudah dikasih tau kalau teknisi datang harus bayar, ya gak pa-pa, kami bayar, yang penting internet kami nyala lagi” baru deh, si CS bilang, nanti konfirmasi lagi. Yaelah, duit toh urusannya?!

Saya kemudian mention Biznet di twitter.

Sementara itu, kami juga masih berusaha untuk mendapat konfirmasi lewat telpon mengenai kedatangan teknisi.  Kami dilempar-lempar lagi. Si mbak CSnya juga juga bilang, teknisi langsung ke lapangan, dan nggak bisa dipastikan apakah bisa ke kantor kami atau tidak. Ya otomatis kami marah dong, ini sudah sejak kemarin pagi. Nggak ada solusi selain: matikan modem & by pass. Kami kemudian memaksa si mbak CS, menekan dia, ya gak mau tau yee… wong udah dari kemarin minta teknisi (yang nggak gratis itu). Eh, si mbak CS malah curhat, kata dia kepala teknisinya nggak masuk jadi nggak tau jadwal teknisi dan kami akan dikonfirmasi lagi. Yaoloooo… gak capek konfirmasi melulu?! Kami aja yang nelpon cape, kami yang komplen aja cape… Kami kekeuh, mesti ada yang datang. Kemudian telpon dioper lagi ke bapak-bapak yang bilang teknisi bisa datang, tapi kemungkinan setelah jam makan siang karena teknisi memprioritaskan pemasangan baru terlebih dahulu. Menurut ngana?! Konsumen udah kebakaran jenggot dese masih aja jawab gitu. Makin marahlah kita. Setelah kami ngomel, akhirnya mereka mengkonfirmasi teknisi akan datang sebelum jam makan siang, jam 12 siang yee… baik. Kami tunggu.

Selama telpon2nan ini, saya ngetwit lagi:

Trus dibales

Saya balas lagi:

Emang sih, udah nyolot balesan saya, bayangkan drama yang sudah kami lalui bersama Biznet ini! Lagian emang dia gak ngecek tweet saya sebelumnya ya, kan ada no complaintnya? Dari no complaint gak ketauan data-datanya? Apa fungsinya no complaint kalo gitu? Ah, tapi masih baguslah dia jawab, biar kata nanti gak dikerjain atau asal-asalan nanggepinnya yang penting dijawab, daripada dicuekin ye…

Sampai satu jam dari saya bales tweet nggak ada balesan, ini juga satu jam dari kami konfirmasi lewat telpon terakhir dari CS. Saya ngetwit lagi, berikut tweet saya dan jawaban-jawaban Biznet:

Pas banget emang, pas saya ngetwit teknisinya datang.

Udah nih, dikerjain. Sekitar jam 12 internet akhirnya nyala. Pas nanya sama mas-masnya, apa problemnya, dia bilang kabel di sentral Biznet kendor!

HAH!

Kami nanya, ini kami perlu ganti apa gak? Apa yang perlu diservis atau apalah… dia bilang nggak, cuma kabel di sentral Biznet aja perlu dikencengin!

Karena kabel di sentral Biznet kendor internet kami mati 1.5 hari (plus mati-mati kemarin), dan kami yang harus bayar teknisinya untuk ngencengin fasilitas yang harusnya jadi tanggung jawab Biznet untuk pengecekan secara berkala.

OK. Internet kami memang sudah nyala, bahkan nulis blog post ini juga pake koneksi Biznet, tapi teteup aja, saya kecewa sama Biznet. Udah tau ini konsumen komplain mulu, kok ya dia nggak ngecek jaringannya, cari dong penyebabnya, kenapa konsumen ini komplain mulu? Kalau nggak bener-bener mati atau gak mentok kami juga gak akan telpon, biarpun pas telpon solusinya sama: matikan modem atau coba by pass; padahal ternyata kabel sentral dia yang kendor. Lha gue mene tehe kabel sentral dia di mana? Sentral dia aja saya juga gak tau bentuknya kayak apa. Yaah… prioritas memang pasang jaringan baru kali ya… mengurus konsumen lama tidak perlu.

Kata orang bijak, 1 orang pelanggan kecewa lebih berbahaya daripada 100 orang pelanggan yang puas. Orang bijaknya siapa, saya juga nggak kenal, tapi konon katanya kan bijitu. Intinya blog post ini? Ya saya cuma mau cerita sih, di twitter gak puas ngomong, 140 karakter doang.

Jadi begitulah kisah-kasih adinda bersama Biznet.

Sekian dan terima saran untuk provider internet yang ada di gedung kami, PM deh biar tau lokasi gedung kantor saya.

Update 7 Mei 2012:

Koneksi internet kami di kantor sejak diperbaiki kabel sentralnya, lancar banget. Saya jadi makin yakin, kemarin itu sering mati ya karena kendor itu. Sebagai informasi, biasanya tiap jam, adaaaaa aja matinya; sekarang tidak lagi.

Semoga besok-besok pihak Biznet rajin melakukan pengecekan, sehingga kami gak perlu komplen-komplen lagi, capcai komplen mulu, darting cyiin… nanti  akika cepet keriput. Lagipula, kami ini kan lebih cinta perdamaian; make peace atuh not war.

Terimakasih juga untuk pihak Biznet yang sudah menanggapi blogpost ini. Meskipun case closed blogpost ini tidak saya hapus, hanya untuk catatan dan berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang lain. Tanggapan dari Biznet pun tidak saya hapus atau edit.

Sekian dan terima kiriman doa agar koneksi lancar terus *halah*

 

11 thoughts on “Service @BiznetNetworks

  1. Ibu Ruth Wijaya Yang Terhormat.

    Selamat Sore Bu,

    Atas nama BIznet kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh Ibu Ruth WIjaya atas terjadinya masalah ini.

    Terkait kendala yang Ibu alami dikarenakan adanya gangguan perangkat Biznet yang berada di Rak Panel digedung Jamsostek yang berdampak pada koneksi internter Ibu. saat ini koneksi Ibu sudah kembali normal setelah dilakukan pengecekan oleh Teknisi kami, dalam hal ini Ibu tidak dikenakan biaya visit.

    Kami mengapresiasi saran, kritik serta masukkan yang Ibu berikan untuk perbaikan pelayanan kami di masa mendatang.

    Demikian surat tanggapan ini kami buat sebagai tanggapan resmi Ibu melalui Blog ini atas penyelesaian permasalahan yang ada.

    Sekali lagi kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Ibu.

    Salam,

    Sugiri
    Customer Care Supervisor
    ———————————————————–
    PT. Supra Primatama Nusantara (Biznet Networks)
    MidPlaza 2, 8th Floor. Jl. Jend. Sudirman Kav 10-11. Jakarta 10220 – Indonesia.
    Phone: +62-21-57998888 Fax: +62-21-5700580 Mobile: +62-81-58336632
    Call Biznet 500988 Web: http://www.biznetnetworks.com
    ———————————————————–
    Biznet provides the fastest and the most reliable Data Communication and Internet Backbone Network. Please visit http://www.biznetnetworks.com for details.
    Biznet Technovillage, an integrated Tier 3 Data Center, Grade A Office Space and Full Service Business Center will start operation on 1 Jun 2012. For more information, please visit http://www.biznettechnovillage.com.

    This message including any attachments, is intended only for the person authorized to receive it, therefore the recipient must maintain the confidentiality of this information in accordance with the provisions and / or policies of PT. Supra Primatama Nusantara (Biznet Networks). If you are not the person authorized to receive this message then you must remove from your system and destroy all material or information derived from this information together with all copies and immediately notify the sender. Please note also that any disclosure, copy, distribute and / or other actions based on this information is prohibited and may violate the rule of law.

    1. Terimakasih untuk respon anda, Pak Sugiri.
      Untuk dicatat, keluhan kami ini bukan semata-mata masalah biaya tetapi kami menginginkan Biznet lebih tanggap dalam menangani keluhan konsumen.

  2. beh saya suka postingan ini
    kadang produsen suka semena-mena sih mentang2 udah ngetop dan ngerasa diperluin customer

    *lah knapa saya ikutan esmosih*😐

    1. @warmx : healah… ini saya komplen karena memang sudah di ubun-ubun keselnya. Tapi sudah beres, internet sudah nyala lagi, tinggal lihat saja ke depannya gimana… per hari ini (7 Mei 2012, 3 hari sejak dikencengin panelnya) sih ya lancar jaya, cakep koneksinya. Semoga gitu terus.

  3. Dear Bu Ruth Wijaya,

    Dalam kesempatan yang baik ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ruth WIjaya yang telah dapat menerima penjelasan kami dengan baik

    Kami berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan setia kami khususnya kepada Ibu dan juga pelanggan kami lainnya pada umumnya.

    Demikian penjelasan dari kami,

    Salam,

    Sugiri
    Customer Care Supervisor
    ———————————————————–
    PT. Supra Primatama Nusantara (Biznet Networks)
    MidPlaza 2, 8th Floor. Jl. Jend. Sudirman Kav 10-11. Jakarta 10220 – Indonesia.
    Phone: +62-21-57998888 Fax: +62-21-5700580 Mobile: +62-81-58336632
    Call Biznet 500988 Web: http://www.biznetnetworks.com
    ———————————————————–

    1. @Pak Sugiri – Biznet: OK. Terimakasih untuk perhatian anda dan semoga besok-besok selalu ada pemeriksaan berkala dari Biznet untuk memantau koneksi yang saat ini sudah baik.

  4. sama bro.aku jg mulai gk nyaman pk biznet.
    mulai gk stabil.
    pokoknya kl dldm waktu seminggu ini msh ky gini
    saya akan ganti aja

  5. bahkan saya test gk prnah sampe 8 MBPS
    tp kl masalah telat bayar aja gk ada pemberitahuan lsg main putus
    orang khan kadang lupa
    benar2 mengecewakan

    1. Saran saya, langsung saja komplain ke Biznet, Wawan… pasti nanti ditanggapi langsung oleh mereka.

      Blog ini milik pribadi, yang tidak ada kaitan dengan Biznet, hanya sharing pengalaman saya kemarin dan komplain terbuka kepada Biznet. Namun karena komplain sudah ditanggapi dan selesai, saya pikir mereka juga tdk ada kewajiban nengok2 & menanggapi blog ini lagi.

      Semoga dapat jalan keluar ya Wawan🙂

  6. Wah sama kasus nya nih sama saya.. Mohon perhatiannya pihak biznet nih.. Saya tiap bulan pasti mati dan harus nelp utk permasalahan yg berbeda2.. Dan setiap di telp slalu ”matikan dl n by pass”.. Ya pasti sblom nelp saya jg matikan dl trus by pass.. Tp ttp g bs.. Penyelesaian nya dari sana biasanya clear log ataupun kabel kendor itu.. Sangat mengganggu.. Tp memang kl sdh jalan super tidak ada complain.. Ya balik lg kesmua hal ada plus dan minusnya.. Dilihat lbh banyak plus atau minus nya.. Hehe

    Sekian terima kasih

  7. Wah parah juga ya bu, kita juga mau pasang, minta reschedule tapi CSnya gak memberikan jawaban yang pasti, bilangnya mau di kabarin mau di kabarin tapi gak ada kabar sama sekali. udah 3 hari nelfonin csnya tapi ngomongnya itu itu aja “nanti kita koordinasi lagi, nanti kita kabari lewat telfon” pada gak profesional CSnya, selalu memberikan informasi yang gantung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s