Ada Setaaaaan…

Setan, diseset isine ketan. Yang artinya… lemper!😆 diseset itu dibelah; jadi diseset isine ketan, dibelah isinya ketan.

Dulu waktu kecil, mamah selalu bilang, “sama setan kok takut? Setan itu diseset isine ketan” Ya dia bisa aja ngomong gitu, padahal mamah saya ini penakut. Setelah saya besar, dia cerita bahwa sebenernya si mamah ini takut ke rumah sakit karena dulu waktu masih kecil pernah ketemu setan kodok! Pengen ketawa gak sih? Setan kok setan kodok… Dulu itu, waktu si mamah kecil bapaknya dia yang adalah kakek saya *yaoloh penting ye dijelasin?* sakit dan dirawat di rumah sakit, nah si mamah ini nungguin. Pas malem-malem, si mamah nih pengen pipis tapi kamar mandinya jauh, jadilah dia pipis di depan ruangan rawat inap pasien yang banyak banyak semak-semak gitu. Belum malu, atau malu kalah sama males ke kamar mandi yang jauh? Taulah…nama pun masih kicik ya, kelas 3 SD gitu deh kali… sambil jongkok setengah ngantuk, si mamah ngeliat di depan dia ada kodok gitu… ya sama-sama jongkok dong ye… eh tiba-tiba, tuh kodok membesar… makin lama makin besar dan akhirnya malah jadi lebih besar daripada si mamah. Larilah dia terpontang-pontang… katanya, “aku kapok pipis di semak-semak, pipisnya belum selesai trus ketemu setan” Konon, semenjak saat itu dia kadang-kadang jadi bisa lihat mahluk halus, dan jadi penakut tapi suka kalah sama kepo, dia malah tanya-tanya tu hantu.

Suatu kali, pernah nih… dia ngobrol sendiri di deket tiang listrik di depan rumah, pas masuk lagi ke rumah, dia update ke saya, “nduk… si bapak yang rumahnya di deket sawah sana itu punya tuyul loh” Ih… sok tau banget kan, tapi yang jreng-jreng-jreng abis itu dia bilang lagi, “barusan di depan mamah ketemu tuyulnya, dia takut pulang ke rumah karena belum bawa setoran”. Ealaaah… tuyul macem supir angkot juga rupanya ya… mesti bawa setoran sama juragan, kalo nggak dipukul pake sapu lidi.

Ada juga cerita mahluk tak kasat mata ini yang konon takut sama saya. Yang ngorek kejadian ini ya si mamah lah… Jadi ceritanya, di deket rumah saya itu ada dukun yang punya 3 peliharaan mahluk halus yang menjadikan tubuhnya mediasi untuk orang-orang yang perlu jasa beliau. Si ibu ini akan bertingkah laku sesuai mahluk halus yang sedang menyusupi dirinya, salah satu mahluk halus ini, konon anak laki-laki kecil yang dipanggil Gendon dan paling sering menyusup. Si Gendon ini badung dan iseng. Dia ikrib banget sama si mamah, kalau pas si ibu berubah jadi Gendon, dia suka sok lewat depan rumah berharap ketemu sama si mamah. Dasar mak gue, si mamah juga seneng banget ngobrol sama si Gendon ini, nanyain gosip yang nggak-nggak, semisal rumah mana yang setannya paling galak, trus yang ada tuyulnya… ya semacam gitu deh. Suatu ketika, si mamah ngobrol sama Gendon di teras, seru banget deh…

Mamah: “nDon, kamu jangan sering-sering main ke rumahku ya… ” ini maksudnya, ketika Gendon tak sedang menyusupi si ibu, jadi pas dia kasat mata gituuu…

Gendon: “nggak kok, aku takut ke sini klo nggak ada mami” nah kan, ikrib banget kan ama si mamah… dese manggil mami bok..

M: “kenapa kamu gak berani ke sini kalo aku nggak ada?”

G: “ya takut”

M: “takut kenapa?”

G: “takut sama mbak Lily, soalnya mbak Lily ini galak yang jagainnya”

Jreng jreeeeng… lhaaa… pantes saya galak, ternyata yang jagain saya itu galak banget; kalo kata si Gendon, konon katanya, kan sifat kita ketularan sama sifat among yang jagain kita ya.. embuh, saya sih cekikikan aja… anggep aja bener, berarti saya kalau ke mana-mana aman. Menurut Gendon pula, sebenernya rumah saya itu ada yang jaga dan mahluk halus di sekitar rumah saya itu ganas-ganas… tapi semuanya takut sama yang jagain saya… *jumawa*😆

Kejadian si mamah vs mahluk tak kasat mata ini sebenernya lebih ke cerita lucu sih ketimbang cerita serem, makanya saya juga gak pernah takut sama setan… saya lebih takut sama manusia yang kesetanan…

Tapi mungkin sebenernya, memang setan/hantu itu lucu.

Saya pernah diceritain sama Manusia Laut, soal temennya yang tinggal di Apartemen Casablanca, mereka cowok bertiga yang jam kerjanya gak beraturan deh… Nama pun cowo-cowo ya… berantakan banget deh, piring & gelas kotor bertumpuk. Cuma suatu masa tiba-tiba ni apartemen jadi rapih, gak ada piring kotor bertumpuk lagi. Masing-masing cowok menduga temannya yang melakukan pembersihan, karena jarang ketemu meski serumah, jadi mereka baru bisa saling konfirmasi setelah kejadian beberapa minggu. Ternyata, nggak ada satu pun yang bebersih bok! Jreng jreeeng… jadi siapakah yang mencuci piring dan membersihkan rumah?  Saya sama Manusia Laut cekikikan membayangkan misalnya apartemen itu disewakan / dijual. Iklannya: apartemen 3 bedroom, full furnish plus hantu cuci piring & bebersih rumah. Hahahahaha… lumayan kan bok, gak perlu bayar pembantu.

Meskipun pengalaman saya orang-orang soal hantu  (yang saya dengar) itu lucu… nggak bikin saya mau juga nonton film-film setan / hantu. Hidih… ntar gak bisa ketawa-ketawa lagi dong, malah ketakutan… Film Susana aja deh paling top saya cuma pernah nonton sekali, yang dia jadi Suketi itu, yang nyari-nyari Bokir trus beli sate & krupuk… apa sih judulnya itu? Ih itu serem…

Eh tapi, dulu pas di Bandung, pernah hits banget tuh acara Nightmare apaaa gitu di radio Ardan, itu temen-temen sekos pada kruntelan di satu kamar trus dengerin ceritanya. Ya teteup dong, saya yang ngerusak acara… karena udah dapet posisi paling jauh dari radio saya juga gak konsentrasi dengernya, dikit-dikit saya nanya, “jadi setannya siapa? Kenapa dia mati? Trus yang cerita ini siapa? Dia diapain? Trus gimana?” yang ada besok-besoknya temen-temen pada males kalau saya mau ikut kruntelan dengerin radio.

Kok cerita setan gini, saya jadi pengen lemper beneran yaaa…..

4 thoughts on “Ada Setaaaaan…

  1. Trus trus lo pernah ketemu ama yg jagain lo ga?

    Gw tuh malem2 suka takut ngeliat diri sendiri gt. Kebayang ga tau2 didatengin jin berwujud diri sendiri, trus pake nyengir pula. Iiihhhhhh bergidik gw bayanginnya!

    1. nggaklah… takut dimarahin juga gw ama dia… galak pan bok!

      hahahaha kenapa nyengir? Klo nyengir kan gak nyeremin bok, pasang tampang serem kek…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s