jin agustus

Indonesia tanah airku tanah tumpah darahku
di sanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku,
Indonesia kebangsaanku, bangsa dan tanah airku… marilah kita berseru… Indonesia bersatu.

Hiduplah bangsaku, hiduplah negeriku, bangsaku rakyatku semuaaaaanyaaa
bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Rayaaaaa

Indonesia Raya, merdekaaa. merdeka
nanananananaaaaaaa???*

Aku lupa syair Indonesia Raya! Astagaaaaa, udah gak pernah upacara lagi ini.
Jangan-jangan lupa Pancasila juga. Mari dicuba…

Pancasila
1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan (?) *naah gak yakin nih*
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Maap… bener kan… ada yang lupa. Pantes… aku pernah gak diakui sebagai WNI. Nah, kalo gak apal Indonesia Raya sama Pancasila begini, begimana mau daftar jadi caleg yaak?
Artis bukaaan…. Indonesia Raya sama Pancasila aja gaak apal…. paling gak, klo aku artis, dimaapkanlah yaa… klo gak apal begituan ituh… pan banyak kesibukan… lha ini… buruh doang bisa kagak apal… hehehehehe
Kalo UUD ’45, aku hapal gak ya? Jelas… pasal-pasalnya aku nggak hafal, tapi kalau pembukaan?! Hmm… sebagai pembaca pembukaan UUD ’45 sejak sd sampe sma, mari kita tes memori yang berkaitan dengan kebangsaan yang sudah berkarat inih.

Undang-Undang Dasar, Negara Republik Indonesia, tahun seribu sembilan ratus empat puluh lima
peeembuka-an
Bahwa, sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia, harus dihapuskan. Karena, tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.Dan atas berkat rhmat Allah SWT, perjuangan kemerdekaan Indonesia, telah sampailah kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentausa, mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan yang berdaulat, adil dan makmur….*

eeerrrr….. lupa juga. Memang memori kebangsaan aku sudah berkarat ini…. hmm… dulu di sd, rajin banget ngapalin itu semua, ditambah buti-butir Pancasila, ditambah pasal-pasal UUD 45… apalagi kalo mau ujian…. wuaaaduh… komat-kamit baca mantra deeh… gak tau tuh anak sd sekarang ngapalin begituan gak yaa?

Hehehehehe, emang penting ya? Hmm… nggak tau penting apa nggak, tapi aku jadi keinget itu semua waktu kmaren melihat The Journal of World Choir Games di Graz – Austria, dimana Elfa’s Choir berhasil memenangkan 2 kategori. Pas lagu Indonesia Raya dikumandangkan, kok aku ikutan termehe-mehe jahe yaak…. Nasionalisme terbangkitkan… *halah!*

Semoga, tim bulutangkis Indonesia, juga pulang membawa emas, dan ketika disiarkan di tipi ada merah putih yang berkibar di seluruh penjuru dunia… hihihihihi… kenapa sih aku ini? Nggak tau deh… kesambet jin agustus ini kayaknya…. bentar lagi paling aku juga mikirin lomba makan kerupuk dan panjat pinang…. hiahahahahahaha

*syair & teks ditulis tidak sesuai tanda baca yang benar, karena memang ditulis berdasakan ingatan yang bapuk serta nyanyian dengan nada yang jelas fals

2 thoughts on “jin agustus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s