pencuri-pencuri di dunia maya

Baca postingan dari neng Miund yang ini. Gileeee…. untuk kesekian kalinya kasus plagiatorisme *halah… bener gak sih nulisnya?* emh, peniruan tanpa ijin *maksa kudu bahasa Indonesia neeh* dihadapi oleh blogger. Dan kasus ini nggak cuma dihadapi oleh neng Miund aje, ada banyak blogger lain yang ocehan di blognya di copy paste oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Hmm.. aku nggak mau bilang yang kopipas itu blogger, karena dia bisanya cuma ngopi blog orang lain kok… bukan bikin tulisan sendiri, nge-blog sendiri… kalau mau ikutan go-blog jangan goblog dooong… *halah*
Eh, aku mengangkat topik ini bukan karena aku temen deket & kenal Miund ya *padahal pengen kenalan…plaaak* aku cuma seneng aja baca-baca di blog Miund, tapi memang kebangetan tuh orang-orang yang suka copy-paste. Menurut komen di posting itu, Okke sepatu merah juga sering di-copy-paste tulisannya. Dulu Ndoro Kakung pernah gambarnya tiba-tiba masuk buku tanpa ijin, tapi kasusnya udah kelar deh… maap, males buka-buka link lagi… tapi kayanya banyak yang tau. Seorang teman, James, ngasih tau kalo dia males sekarang pasang hasil karya di blog, karena ada salah satu hasil karya dia, diakui oleh seseorang dari Thailand dan dese dapet kerjaan gara-gara hasil karya James yang diakui sama dia, whooooaaaaa…. napsu banget aku dengernya….

Kenapa sih, kalau nggak kreatip dan nggak bisa menulis dengan baik, hadapi saja kenyataan bahwa blognya garing dan gak penting?
Terima aja bahwa go-blog itu, suka-suka aja…. mau nulis apa aja seterah… mau salah mau bener, mau penting mau nggak… ada yang baca atau gak ada yang baca…. *jangaaan duuuooong…. pan aku pengen pamer* ya pokonya… having fun aja…. nggak usah maksa blog hitnya harus tinggi, harus banyak yg nge-link… trus demi mencapai target itu, merasa tulisan biasa aja trus nyolong tulisan di blog orang lain. Jangan gilaaa dong…..Terima nasib aja…. Kayak blog ini misalnya, sumpaaaah… ini blog nggak penting banget, kata-katanya amburadul… penulisan tanda baca yang ngaco, penggunaan subyek, obyek, predikat yang nggak bener… pokona… nggak ada bagusnya deh… eh, ada ketang… kalo ada fotoku pasti bagus:mrgreen:
Tapi yaa… tapi, meski nggak penting… ternyata ada juga lo orang yang mau copy paste tulisan-tulisan aku yang nggak penting ini.

Ini contohnya, baca tulisan yang tentang Bandung yang ini. Ternyata ada blog, taglinenya berbagi ilmu pengetahuan, namanya desiran. Mungkin, dia juga mengetahui fakta yang sama tentang Bandung seperti aku *tsaaah* lalu menuangkannya ke dalam blognya yang berbagi ilmu pengetahuan itu… tapiiiii…. kok ada kesalahan pengetikan dan kata-kata yang sama persis dengan postinganku ya? Aduuuh… udah copy-paste… tapi teteuup… banyak salah… tolong kalau mau copy-paste tulisan aku, di edit dulu yaaa…. biar enakeun bacanya. Eeeh… selain dipasang di blog, ingpormasi tentang Bandung ini juga masuk ke infogue looh… dan bukan atas namaku tapi atas nama desiran.blogspot.com, lihat deh disini.
Selain di blog desiran ini, pada hari yang sama (18/06/2008) di forum kaskus seorang member dengan nick name givenrox, posting tentang hal yang sama, lagi-lagi sama persis dengan postinganku dan dengan kesalahan ketik yang sama. Entah pemilih desiran.blospot.com yang YM idnya ilyas_m85 ini sama dengan si givenrox atau nggak, tapi yang jelas dua-duanya meng-copy tulisanku dan mepublikasikannya lagi tanpa ijin, whuhuhuhu…. berani bilang meng-copy karenaaa…. sama persis aje itu tulisan… dan apa ilyas & givenrox juga buruh paberik tekstil? kok juga sama-sama kepikiran mau bikin acara textile, from past 2 future? Dan apa mereka kecanduan Bebek Van Java juga?! *nyengir jahil*

Yaah… memang mungkin kreatifitas itu nggak bisa didapat sama semua orang deh. Masih ingat komen di posting Rumah Makan Raja Melayu, yang bilang kalau ending tulisanku mirip dengan blog lain yang juga me-review tentang rumah makan yang sama?
Ketika aku lihat ke multiply itu, ternyata memang mirip bo… yaoloooh…. bahasa penulis blog itu, yang atas yang tadinya serius serta baik dan benar, kok tiba-tiba berubah jadi bahasa yang nggak penting serta tidak baik dan tidak benar ala aku ya? Hm… mungkin, beliau sekedar terinspirasi…

Dan aku, jadi gr, blog gak penting bisa juga menginspirasi dan dibajak sama orang… hm… sekarang belum kasus serius, tapi NGGANGGU *nah looo… tulisannya salah apa bener nih?*

Hiyyaaaa… posting kali ini topiknya lumayan penting, tapi lagi-lagi… aku nggak penting banget nulisnya…

Intinya, hargailah hasil karya orang lain, sebisa mungkin yaaa…. cantumkan creditnya…. Aduuh… ini memang cuma dunia maya yang belum jelas hukumnya soal bajak-membajak *yakiin?!* tapi… sebagai manusia yang baik dan benar, yang punya etika dan gengsi, malu dooong menampilkan tulisan orang lain tanpa minta ijin trus kepergok sama yang bikin tulisan…
Sutralah… sejelek apapun tulisan kamu, segaring apapun, kalau kamu memang suka nge-blog ya sutra… hajar aja… tiap orang, punya kelebihannya masing-masing… sama dengan tiap blog punya keasyikannya masing-masing. Apa? Apa asyiknya blog ini? Nggak penting!:mrgreen:

Tapi serius nih…. lain kali, kalau ada yang nyontek lagi, aku kepret beneran dan aku mendukung nih, buat blogger lain yang hasil karyanya dibajak untuk mengkepret pembajaknya.

PS. urusan bajak membajak ini, jangan dikaitkan sama dvd bajakan ya…. aku nontonnya selalu di bioskop kok, kecuali pelemnya emang gak masuk ke Indonesia *alesan & inpo gak penting*

6 thoughts on “pencuri-pencuri di dunia maya

  1. ah… aku mau nyontek blog ini ahk… biar di kepret sama tante tjetjep…
    kepretnya pake cambuk atau tangan nih? ctarrr..!!

    hehehe…

    kepret pake sendal jepit rasa daging sapi…. *halah*

  2. ada perangkat hukum gak sih ruth buat tukang kopas?

    setahu gw sih belum ada bo… baru sanksi moral aja….
    apalagi untuk blog ini… lhah… hit-nya juga masih cemen…. gak ngefek sanksi moral juga oom….

  3. Dengan segala hormat, tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat.
    Bila Anda merasa artikel Anda tidak layak untuk dimuat (COPAS) di dalam http://desiran.blogspot.com kami sudah menghapusnya.
    Silahkan anda cek lagi, http://desiran.blogspot.com/2008/06/all-about-bandung.html sudah tidak ada lagi di dalam blog kami.
    Sekali lagi kami meminta maaf bila Anda merasa tidak senang atas COPAS Artikel Anda kedalam blog kami.

    masalahnya, bukan layak atau tidak layak dan senang atau tidak senang, tapi cantumkan sumber anda darimana. saya lihat barusan ke blog anda, sekarang anda cukup beradab untuk mencantukan credit untuk posting anda yang baru. good job! gitu dooong….

  4. Hebat uey…. Tanggapan dari kami dihapus *Halah….. *
    Masih ada aja yg ngedit comment orang *halah…. sok kritis*
    Selamat Anda telah menjadi Juara *halah… sok terkenal*

    Pak, sepertinya anda cukup picik ya jadi orang, cukup berkutat dalam pemikiran anda sendiri tanpa menggunakan logika, saya kasih tau ya pak, di wordpress, standar comment (saya nggak tau settingan yang lain, makelum gaptek) adalah seperti ini, jika baru pertama kali comment, pasti masuk ke moderation, seterusnya, anda bisa comment tanpa saya medarsi lagi… jelas gak?

  5. neng tjetjep, baru sempet mampir sekarang nih. makasih ya atas simpatinya. mari kita doakan agar para pengkopas itu diberi kesadaran agar kasus-kasus seperti ini gak terjadi lagi buat temen-temen blogger lainnya🙂

    btw, fotomu di majalah shape cantik sekali deh😉 hihihihi!

    sama-sama neng miund, mari kita kampanyekan ‘bangga dengan ke-originalan dalam rangka menyukseskan ke-go-blog-an’ *halah apa seh*

    emh…. soal poto…. epek potosop… hiahahahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s