Yesus yang kukenal

Lagi baca buku Dinasti Yesus. Buku ini ditulis oleh James D. Tabor, seorang ahli kitab suci sekaligus sejarawan dan arkeolog, emh, kurang lebihnya begitu. Meskipun judulnya agak-agak provokatif dan fiksi, sebenarnya buku ini lebih merupakan laporan ilmiah tentang hasil penelusuran sejarah yang dilakukan Dr. Tabor di Israel. Dalam kata pengantarnya, Dr. Tabor mengatakan bahwa buku ini nggak ada kaitannya dengan iman dan kepercayaan, hanyalah bukti-bukti sejarah dan penelusuran makam-makam saudara-saudara biologis Yesus yang dilahirkan dari rahim Maria. Dr. Tabor penasaran mengenai latar belakang sosial & budaya yang membentuk Yesus hingga menjadi Yesus seperti yang dituliskan oleh Injil. Dan, aku juga penasaran. Sudah sejak dulu aku selalu penasaran, seperti apa sosok Yesus yang hidup pada saat itu, saat aku masih nggak tau ada dimana. Secara iman, aku percaya Ia tetap sosok yang sama hingga saat ini, tapi tetap saja, aku ingin tahu seperti apa Ia pada saat itu.
Ketika membaca buku ini, aku teringat terus sama buku yang pernah aku baca, kalau nggak salah karangan Max Lucado, judulnya Jesus that I know, aku agak-agak lupa, soalnya bukunya minjem dan bacanya udah bertahun-tahun yang lalu. Di situ, Max bilang, mungkin saja dulu Yesus sumbing, sehingga orang males mau ngedengerin dia ngomong. Bisa jadi Yesus pendek dan jelek, sehingga dia ditolak. Cuba mungkin kalo si Jesus ini ganteng dan sesuai seperti James Caviezel di film the Passion of christ, mungkin banyak orang percaya bahwa Dia adalah Mesias yah?! Di buku itu juga mengibaratkan bahwa Jesus dari Nazareth ibaratnya sama seperti Jesus dari Bronx… nggak banget dia tampil sebagai Mesias. Di buku yang aku baca sekarang, Dr. Tabor memperlihatkan situs azareth kuno pada jaman Yesus…. hm… aku mengkhayal lagi.
Dan ternyata…. aku mules, sakit perut loh…keinget lagi sama keabadian…. doooh….

Eh, ini bukan khotbah ato apa lah ya…. cuma lagi muter-muter aja ini di otakku…

3 thoughts on “Yesus yang kukenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s