apa yang bikin nyokapku ngangenin?

Lebaran nanti, entah aku bakal mudik atau nggak, soalnya kalau dipikir-pikir… males euy ikut desek-desekan trus jadwal kereta pasti telat pisan… argh… melihat sikon sajalah…

Tapi sebenernya aku kangen pulang. Iya, kangen juga sama si Mamah, padahal kalau bertemu kita pasti berantem terus loh…πŸ˜† aku ngeyel dan Mamah gak mau ngalah… ya… like mother like daughter kaleeee. Selain kangen si Mamah, aku kangen nasi pecel pojokan yang pedesnya amit-amit itu lengkap dengan kulup segala rupa, ada bunga turi, rebung, jantung pisang, kenikir, daun singkong, daun pepaya, daun kemangi, pete cina, taoge… halah… belum-belum aku sudah ngacai-ngacai ini… belum lagi sego becek komplit dengan sate kambing di pasar wage itu… trus tahu lontong pasar, tahu lontong mbogo… whuah….

Masuk akal sih kalo makanan-makanan itu bikin aku selalu kangen, lha wong enak… tapi kalo kangen sama si Mamah? Emh… tiap hari kan SMS, juga telpon… Mana si Mamah kan tipe nyokap ajaib, kenapa bisa bikin kangen?

Di rumah, biar gak kesepian, si Mamah miara ayam. Ayam-ayam kami cukup banyak, nggak dikomersialkan (kecuali kepepetπŸ˜† ), si Mamah tu selalu kepikiran sama ayamnya, kalau pergi yang dipikirin duluan adalah, “wah, pithik-ku sapa yang ngasih makan ya?”. Karena aku doyan telur ayam kampung yang setengah mateng (tapi telur rebus yang mateng, kalau bisa, aku milih untuk gak makan) aku sih mau-mau aja kalau disuruh ngasih makan ayam, tapi paling males kalau disuruh nyapu kandang ayam… yeeeks… bau!

Dan selayaknya hubungan antara pemilik ayam dan ayamnya, aku dan si Mamah (kami berdua sebagai pemilik ayam, bukan pemilik ayam dan ‘ayam’nya :lol:) paling nggak tega kalau disuruh menyembelih ayam kami untuk dijadikan soto ayam ato masakan lain.

Tapi pernah suatu kali si Mamah memaksa untuk menyembelih ayam kami.

ykp:”udahlah nduk… disembelih aja itu si urip” ayamku yang jelita itu namanya urip, dan ini adalah ayam kesayanganku.
aku:”nggak ah… yang lain aja, si blorok itu juga boleh, jangan urip tapi tukerin dulu si bloroknya ke pasar, biar ayam baru yang disembelih”

ykp:”tapi urip kan wis tuwek, sebentar lagi dagingnya alot, kalo blorok kan masih muda, lagi banyak-banyaknya bertelur”

aku: “lha justru itu, kalo ditukerin kan sapa tau majikan barunya blorok jadi sayang sama dia karena banya bertelor, trus gak disembelih, kalo urip kan pincang, sapa mau nerima klo dituker, biar tua gitu dia kan masih bertelor terus… udahlah Mah… biarin urip mati karena tua… jangan disembelih”

ykp:”tapi Nduk, tau nggak kalo ayam itu akan merasa bahagia kalo dia disembelih sama majikannya trus dimasak”

aku:”ha?!?!?!”

ykp:”iya… dia merasa takdirnya terpenuhi! Nah, tugasku selesai, bertelor dan berdaging! Gitu nanti dia bilang ke Tuhan”

Entah si urip bahagia atau tidak, yang jelas aku bahagia si urip gak jadi disembelih, begitu juga si blorok, akhirnya si Mamah beli ayam baru untuk disembelih.

Trus kemaren, si Mamah nelpon, “Nduk… kamu pulang ya lebaran… Mamah kangen’e sama pesekmu”

Hari ini, kok aku jadi kangen banget sama si Mamah pas tadi liat induk ayam sama anak-anaknya di taman deket RSHSπŸ˜† *jadi, si mamah induk ayam gitu?!?*πŸ˜†

5 thoughts on “apa yang bikin nyokapku ngangenin?

  1. ayooo tjep pulang… ditungguin mama tuhhh…

    apalah arti penderitaanmu di jalan, bila dibandingkan dg kebahagian si mama…hehehe

    dibandingkan juga dengan kenikmatan sego pecel yak?!

  2. selalu ada ikatan rasa antara manusia dengan binatang peliharaannya.
    dulu juga aku suka gitu. piara ayam, tiap hariii dikasi makan, diajak ngomong (!!), dikangenin, pokoknya dipikirin banget lah si ayam2 itu.
    pas udah lumayan gede, tereak ke ibuku, “ibuuuuu…ayamnya udah gedeee…besok digoreng yuuukk..”

    moral of the story: ikatan rasa manusia dan binatang peliharaan…RASA LAPAR!!πŸ˜€

    yang penting, ayam itu mati dengan bahagia mbok, sesuai takdirnya…

  3. nyebut2 makanan lagi *drooling*..

    sudah lah tjep pulang aja.. dikangenin tuh sama emak nyaπŸ˜€ gue jadi inget anak ayam piaraan gue dulu hukss..mati dimakan rubah nan siyalann

    tuh kan… kesian kan si anak ayam?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s