bahasa enggres! (episode lain)

Kemarin, si Mamah, iya nyokapku yang ajaib itu😆 bikin ‘acara’ baru. Dia kan seneng banget nelponin aku di saat-saat yang tak terduga, suka nge-cek & ricek gitu, anaknya ada dimana, lagi ngapain dan ama siapa, dia berharap aku menjawab telpon dengan bilang gini, “mah, udah deh, aku lagi pacaran”😆 Nah, aktivitas itu sempet terganggu beberapa hari ini, karena hp-ku rusak, microphonenya udah jeprut, tapi karena aku belum merasa perlu-perlu banget ganti hp ya sutralah, biarin aja toh masih bisa sms dan kadang masih bisa kedengeran juga suaranya. Tapi si Mamah repot nyuruh-nyuruh ganti hp. Dan inilah percakapan antara anak dan ibu lewat telepon rumah:

ykp: “ganti tho nduk hpnya… susah ini kalo mamah mau nelpon kamu”

aku: “iyah… nanti aja kalo udah terima thr, lagian kalo deket-deket lebaran kan suka turun lagi harganya, nanti aja, sementara ini nelpon ke rumah aja sama sms ajalah”

ykp: “kamu kan jarang di rumah, emesemen juga maleslah, ongkone cilik-cilik” kamsudnya, maleslah sms soalnya keypad hp kan kecil-kecil

aku: “ya udah, mamah kasih aku duit dong… biar beli hp baru”

ykp: “waduuh… kok aku koyok ulo marani gepuk” kamsudnya, wah aku seperti ular (yang) minta dipukul–> peribahasa jawa seh, artinya nyari-nyari masalah sendiri, emh… kurang lebihnya gitu

aku, sembari ngakak, lucu aja denger peribahasa lama itu dipake sama si Mamah: “lhah… salah sendiri nyuruh beli-beli hp, gak penting juga, tapi kalo kirim duit juga gak pa-palah, aku beli yang baru… ngirim sing okeh yo Mah, biar takbeliin yang 3G” kirim yang banyak ya Mah…

ykp: “gundulmu leon kuwi! Tuku henpon opo nduk?” beli henpon (model) apa nduk? Nah, kalo soal gundulmu leon ini, aku gak tau asalnya darimana, poko’e dari dulu kami selalu bilang ini buat mengekspresikan enak aja!

aku: “3G”

ykp: “henpon kok driji? Itu modelnya henpon apa” driji artinya jari😆

aku, belum ngeh, masih mikir si Mamah salah denger: “3G… 3G… Mah… bukan driji”

ykp: “oh… emang ada tho henpon driji…. iku ongkone gede-gede po piye? penak lek digawe emesemen?” oh, emang ada ya henpon driji – jari… itu (karena) keypadnya gede jadi enak dipake buat (ngetik) sms gitu?

aku, baru ngeh bahwa 3G dianggap sama dengan driji: “3G Mah… bukan driji, gak ada hubungannya dengan ongkone henpon dan driji-driji”

ykp: “sak karepmulah… lha trus henpon driji itu regane piro?” seterah situlah… lha trus si henpon driji-jari itu harganya berapa?

Ya sutralah… 3G nasibnya sama dengan si sms dan si gregorian sekarang, berubah jadi driji, sedangkan sms berubah emesemen trus gregorian teteup… jadi ggggggreeeessss….

4 thoughts on “bahasa enggres! (episode lain)

  1. heu heu heu pagi-pagi udah ketawa baca postingan nyokap lu Ruth. Bodor pisan😀

    ember… kayanya klo nyokap gw nge-blog, trafficnya bakal edunlah… dan blog gw makin mateek aja neh… gak ada yg baca

  2. hahaha, si mamah lucu pisan euy…
    salam kenal juga ya ruth…. nuhun dah singgah & komen di blog sayah (celoteh si mer tea).

    p.s. saya juga seneng gress… eh gregorian.. :p

    selama ini teh sebenernya saya suka ngakak2 sendiri di celoteh Mer…

  3. sayah setujuh dengan ide “mamah Ruth ngeblog” bakal bodor pisan euy!!!

    hah…. jangaaannnn dong…. yang ada blog sayah ini bakal nggak punya pengunjung😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s