biro jasa nggak penting!

Hari ini, aku ngurus perpanjangan STNK si miu-miu. Aku kerjain sendiri, nggak nyuruh orang GAO di kantor ataupun lewat biro jasa, soalnya aku sebel ke biro jasa Bouche di Bandung, sebel sama yang nerima telponku, jutek banget orangnya…

Jadi ceritanya gini, si miu-miu, pajaknya abis tanggal 3 Agustus, padahal selama ini aku ingetnya tanggal 8 Agustus, jadilah tuh hari Sabtu kemaren aku kepontal-pontal, lalu dalam keadaan penuh tanya, aku telpon ke Bouche, lupa juga siapa yang nerima, tapi cewek kok dan kayaknya masih muda gitu, trus aku nanya-nanya, “mbak, saya mau perpanjang STNK motor, bisa yah?”

“Atas nama sendiri bu?”

“Iya, tapi ini cuma pajak aja mbak dan abisnya tanggal tiga seh”

“Oh, denda bu, 25%”

“Hah? Denda juga? Ini yang tahunan mbak, bukan yang lima tahunan. Emang kira-kira abisnya berapa mbak?”

“Motornya apa bu?”

“Mio 2006”

“Kira-kira duaratus duapuluh sembilan belum denda dan jasa, kira-kira total tigaratusan, bisa lebih”

“Waduh, kok mahal, emang kalo telat pajak denda juga ya?”

“Ibu kalo nggak percaya langsung aja urus ke kantor polisi sendiri”

Waduh, aku langsung napsu tuh… biro jasa kok jutek, harusnya mereka menjelaskan dong.

Fine, dikira dia aku orang bego apa, nggak bisa dan nggak berani ke kantor Polisi sendiri untuk ngurus pajak miu-miu. Huh.

Dan jadilah aku ke kantor polisi hari ini. Tapi rupanya aku lemot, bukan bego😀 aku malah pergi ke Polwiltabes di Jl. Jawa, untungnya tukang parkir disana baik hati dan ngasih tahu kalau untuk bayar pajak ke Samsat. Dia bilang, kayaknya untuk alamatku, bayarnya ke Samsat Jl. Pajajaran. Nah… nyari letak Samsatnya aja susah nih, aku muterin Jl. Pajajaran dua kali! Hehehehe, padahal Samsatnya ini deket banget sama IP.

Begitu sampe di Samsat, ada beberapa orang yang nyamperin gitu, menawarkan jasa calo gitu. Hampir tergoda, tapi kupikir, ah nanggung, udah nyampe sini.

Dan ternyata, prosesnya cukup mudah dan cepat loh. Aku cuma abis Rp. 178,700 (udah termasuk biaya formulir dan administrasi) trus ngantrinya cuma setengah jam. Dan aku nggak didenda lho… karena memang nggak masuk akal kan… masak pajak aja bisa denda? Kalo plat nomer kan memang harus beli baru, bisa jadi kalo telat kena denda, tapi kalo sekedar pajak kan nggak ganti plat baru…

Biro jasa yang menyesatkan dan tidak menjual jasa dengan baik😀 abisnya jutek banget tuh… jualan jasa tuh harusnya sabar dan memberikan pengertian.

Emang enak udah bayar mahal trus dijutekin? Kalau aku sih ogah, aku maunya ya kalau aku udah bayar, paling nggak apa yang aku dapet sesuai dengan yang aku bayar. Mereka harusnya bisa dong ngejelasin ke aku, cuma menjelaskan kan tidak masalah.

Eniwei, biro jasa itu sudah kehilangan salah satu calon pelanggannya hari ini dan dengan senang hati aku akan memberitahukan kepada teman-temanku yang lain untuk mulai ngurus pajak STNK mereka sendiri, biar gak ke biro jasa itu lagi kamsudnya😀

17 thoughts on “biro jasa nggak penting!

  1. “…Tapi rupanya aku lemot, bukan bego😀 aku malah pergi ke Polwiltabes di Jl. Jawa, untungnya tukang parkir disana baik hati dan ngasih tahu kalau untuk bayar pajak ke Samsat…”

    WAHAHAHAHA….

    untung nanya ke tukang parkir, coba nanya ke tukang ketik, disuruh ke Daan Mogot de tuh… hahaha…
    (cat: samsat jakarta di daan mogot :D)

    Di, lu bahagia banget mengetahui bahwa gw termasuk agak lemot😦

  2. emang bener sich, mending urus sendiri itung-itung hemat n penjajagan kalo2 jadi profesi tambahan alias calon penerima jasa juga kaleee……

    bener juga ya…. jadi kepikiran gw….

  3. Tapi gak semua biro jasa seperti itu lho. Contohnya kami, melayani pelanggan dengan senang hati he.he… Bukan promosi lho…
    Saya juga benci kalau ada biro jasa ngelayanin kustomernya dengan jutek seperti itu, seolah-olah udah gak butuh pelanggan lagi udah gak butuh kita lagi sebagai pelanggan.
    Bagiku yang nrima telpon itu harus segera diganti, kalo gak bisa membahayakan biro jasa tempat dia bekerja. karena semua pelanggan pasti kabur

    ya begitulah…. kalau tdk ya mesti diajarin gimana nerima telpon dr konsumen & calon konsumen ya….

  4. Betul banget deh kamu. Enak ya ? Lega bisa beres apalagi beresin sendiri.. rasanya asiik banget plus jadi ga lemot lagi dooong. hehe..

    lemot siiiiih….. masih ya…. :p

  5. Assalamualaikum??????????? Mbak makasih ya infonya…………
    kenalin saya BIRO JASA SERVICE, dengan begini saya harus lebih hati-hati untuk menerima tlp calon pelanggan.
    Saya senang orang-orang sudah mengerti cara bayar pajak kendaraan sendiri, Sekarang pemerintah sedang mengembangkan cara bayar lebih mudah lagi, bahkan untuk bayar kendaraan plat luar daerah, nanti-nanti bisa bayar dimana kita tinggal, contohnya kita ada di Bandung nomor plat Z, kita akan bisa bayar di bandung, apalagi sekarang sudah omline di BTC. Tapi tidak semua orang sempat bayar sendiri, disinilah saya membantu/melayani untuk pengurusan pembayaran, DiJamin Aman.kunjungilah saya di yanseun.com
    mau cari informasi silakan selama saya bisa bantu, wassalam.

  6. Tolong infokan e-mail adresnya Biro Jasa Bouche Bandung.Karena suami saya yang berasal Belanda ingin mengurus Visa Jangka Panjang(KITAS)yang tiap tahunnya harus di perpanjang.Setahu saya Bouche dapat mengurusnya,terima kasih.Yani Hossfeld

    maaf tak bisa membantu, karena saya bukan pelanggan biro jasa bouche bandung mbak, saya sebel soalnya sama biro jasa ini

  7. mba kalo mau urus pajak ke saya aja rp 35 rb. antar jemput. 02293586070 / 081395333070 (ERWIN). juga mengurus duplikat stnk,bbn,mutasi, ganti stnk. harga transparansi cv.jatrex.

    boleh deh numpang promosi😀 skr gratis, besok bayar ya….

  8. terimakasih gambaran bayar pajak langsungnya mba, tadinya mau lewat biro jasa tsb. Tp abs baca tulisan mba, sekarang berpikir untuk langsung ke samsat aja.
    Cheers🙂

  9. tapi kan kalo ngurus stnk ribet juga, mending ke biro jasa kayaknya
    kan sarat2nya ribet banget dah msti iklan 3 media massa lah, bap reskrim polwitabes lah, infolahta polda lah dan lain2 😦

  10. bayar pajak mah gak ribet kali. ke samsat atau samsat keliling paling lama 30 menit. Gua uda berkali-kali perpanjang sendiri. Kecuali kali ini gua pusing nih soalnya KTP gua udah abis dan sedang dalam proses perpanjangan, tapi gak kelar-kelar nih. Apa bayar pajak STNK bisa pakai surat perpanjangan KTP itu ya?

  11. awal bulan oktober 2013 , sy hubungi Bouche utk proses BBN+ Mutasi motor dr Bandung Barat ke Kodya Bandung. Tp yg sy sesalkan penerimaan operator bouche yg sgt ketus dan cenderung seperlunya, jauh sekali dengan operator/petugas Bank… Parah banget…

  12. memang begitu, biro jasa kan buat orang yang tidak punya waktu, seperti saya, harus bisnis ke luar negeri, tidak ada waktu di Indonesia, bahkan di bandung tidak ada siapa2, kebetulan plat mobil saya menggunakan letter D, jadi terpaksa menggunakan biro jasa bouche yang mahal itu, disamping langsung diantar, polisi tidak mempunyai layanan antar ke rumah

  13. Bego aja. Kalo bisa sendiri ngapain ke biro jasa. Kecuali untuk luar kota/ waktu gak sempet.
    Artikel yang menjatuhkan. Jelas saja yang namanya JASA ya pake biaya Tambahan!

    1. Eh makasih lho udah komen, saya jadi inget nulis posting ini.
      Sebenernya, nangkep gak sih permasalahan saya di posting ini? Saya terus terang nggak keberatan bayar jasa, tapi jangan jutek. situ sini bayar jasanya kok situ jutek sama sini? Kesel lah… sama-sama perlu cong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s