Transformers

Yah… tanpa sengaja, sepulangnya aku dari petualangan akhir pekan ke TMII- Pasar Rebo – Cilegon Merak – Cikarang (full detail story menyusul yah) balik ke Bandung kemaren sore langsung disambut sama neng Flora dan ditawarin, “mau nonton Transformers pake Debit Mandiri gak? Beli satu gratis satu” hah… sapa bisa nolak? Meskipun rencananya aku baru mau nomat hari ini, tapi beli satu gratis satu… umh… embat!! Jadi, meski lelah secara fisik dan mental (halah!) aku semangat maju pantang mundur, menyongsong Transformers yang bikin penasaran dengan barisan Michael Bay sebagai sutradara sekaligus exceutive producer berpasangan dengan Steven Spielberg.

Dan… perjuanganku benar-benar sepadan! Inilah juara dari semua film yang aku tonton akhir-akhir ini, mohon maaf untuk Kang Danny Ocean dan Kapten Jack Sparrow, kalian berdua aku tonton karena aku sudah jatuh cinta sejak dulu bukan karena aku penasaran untuk jatuh cinta. Halah! Intinya, LIMA BINTANG! Meski ada beberapa yang bikin aku agak-agak, kok gitu tapi LIMA BINTANG sangat layak untuk Transformers.

Neng Flora, sempat salah sangka dengan film ini, ketika sudah duduk manis di dalam bioskop, dia bertanya, “emang ni film tentang apa sih?”

“Robot Alien gitu Flo, kayak yang Voltus ato apalah gitu, dulu pernah difilmin juga sih, tapi tahun 84, gw juga belum tau tuh… nggak inget pernah nonton ato gak”

“Lhoh, bukannya yang nyanyi soundtracknya Anggun? Bukannya lu mau nonton karena Anggun yang nyanyi?”

“Itu mah Transporter, lhah, itu film jaman kapan tau juga Flo”

“Yah…” langsung lemes gitu deh si neng itu, dan bukannya malah membesarkan hati si calon penonton, aku malah bilang, “jadi Flo, next time klo gw lu ajak nonton dan gw mau berarti lu kudu bertanya apa cerita filmnya tentang apa, selera kita kan beda” hehehe soalnya beberapa kali tuh, aku sama Flora pisah studio waktu nonton bareng…. Tapi bo, di tengah film Flora bilang gini, “wah, bagus kok… untung aku belum tau kalo ini film robot, klo tau aku pasti nggak nonton dan aku rugi”

Menurut kabar, 15 adegan berantem di film ini, menghabiskan dana sekitar USD 150 juta. Wah, nggak salah dong kalo sepanjang film apalagi pas adegan perang ato robot berantem dan bertansformasi, aku nggak berhenti berdecak kagum, malah sempet aku teriak tertahan dan menutup mulut, takut berisik, malah kata Flora gini, “gile ya lu nontonnya excited banget, kayak anak kecil kegirangan gitu, heboh banget, gw mah selain nonton film nonton elu aja, sorak sorai gitu…” waduh…

Dari segi cerita, bagus juga, ada banyak tokoh yang seperti disiapkan untuk ketemu, jadi ketebak banget. Kayak waktu Sam Witwicky presentasi di depan kelas, nyeritain kakeknya, wah ketebak sekali dia akan ‘mendapat masalah’ gara-gara kakeknya itu. Trus waktu pasukan yang di Qatar… Selain itu yang agak menggangu adalah terlalu banyaknya orang lari-larian pas adegan pertempuran terakhir, annoying banget tuh lari-larian… ato itu jadi ciri khasnya Michael Bay? Nggak tau deh… Trus ada juga robot kecil dari kubu Megatron yang menyerang Minister of Defense dan beberapa orang waktu mau ngirim morse di salah satu ruangan, hih, nggemesin deh… kayak nggak penting gitu. Ada lagi kayak adegan pas Sam nyari kacamata kakeknya, udah susah-susah dicari tapi Allspark-nya malah ‘mak mbedunduk’ ketemu aja di dam… trus kenapa atuh susah-susah nyari kacamata itu, umh, tapi tuh kacamata mungkin berguna buat Optimus Prime jadi dia akhirnya bisa ketemu sama Bumblebee dan yang lain ya… ato biar lucu aja, gimana robot2 yang gede-gede gitu berusaha ngumpet di halaman rumah Sam tapi film ini tetap masuk kategori ‘selamat banget’ meski dengan hal-hal yang mengganggu itu.

Yang bikin aku agak ‘tersentuh’ adalah waktu Allspark malah digunakan untuk membunuh Megatron si robot jahat, tadinya Allspark diperebutkan karena kekuatannya yang bisa membuat device elektronik bisa jadi hidup. Tapi justru kekuatan Allspark yang berlebihan itu malah membunuh Megatron. Jadi berpikir gini, kadang-kadang, kelebihan kita malah menjatuhkan kita. Halah! kok jadi begitu? Lalu ada lagi ketika Sam dan kecengannya si Mikaela yang masih syok karena tau mobil Sam adalah robot, bengong dan ragu-ragu nggak mau masuk mobil, si Sam kurang lebihnya nih bilang gini, “udah masuk aja… jangan sampe nih 50 tahun lagi kita nyesel karena nggak masuk mobil ini” hehehehe beney… seringkali kita menyesali apa yang sudah kita perbuat, tapi jika itu berbalik, apakah kitatidak akan menyesalinya atau malah menyesalinya? Entah. Trus ada juga motto Witwicky family yang agak bodor, no scarisfy no victory. Halah! berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian nih… kalo aku maunya berenang-renang ke hulu berenang-renang kemudian…. 😀

Yang agak lucu dan satir, menurutku sih, waktu robot black hwak masuk ke pangkalan militer AS di Qatar, si komandannya bilang gini, “hei… minggir! elu teh ngges masuk wilayah udara AS, nyaho teu?!” hehehe itu daratan Qatar ato AS sih…. hehehehe

Intinya… nggak rugi nonton film ini, layak banget buat ditonton, lupakan yang aneh, nikmati saja pertunjukan spektakuler dari Om Michael Bay & Om Steven Spielberg.

I am Optimus Prime, I am sending a message to all of Autoboots in their journey in all stars, we are here and waiting.

Asyik… bakal ada sekuelnya neh… wah, jadi ikutan waiting…. naon sih?

2 thoughts on “Transformers”

  1. ceritanya bagus??
    paan, ga jelas gitu, ngapain si sam disuruh2 lari ke atas gedung kalo ternyata kubusnya tinggal taruh didada megatron 😛
    oh ya, bu vitta kasih jawaban tuh…

    lhah itu kan tadinya mau diungsiin ke old city ato apa gitu, si Sam dan yang lain kan belum tau klo itu bisa dimasukin ke dada Megatron sebelum ketemu Optimus Prime… taunya kan pas dia gagal ngasih kubus ke helikopter trus diserang Megatron, trus diselametin Optimus barulah mereka enswei-swei…. *halah, pembela transformers…* eh, padahal rencanya awalnya si Optimus yang mau bunuh diri masukin Allspark ke dadanya yah… eniweei… teteup keren kok!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s