Digigit Kuda

Ini cerita lama yang tadi pagi tiba-tiba aku inget, gara-gara macet di Cimindi dan aku berhenti di sebelah kuda yang berliur-liur, hiy….

Sebelum kalian terbahak-bahak bilang, “ampun Ruth, lu pernah digigit kuda? ‘sian  banget sih lu…” lebih baik aku bilang, bahwa yang digigit kuda itu bukan aku, maaf mengecewakan penonton, tapi kalo aku kasih tau bahwa kuda itu menggigit (maaf) payudara seorang mbok-mbok penjual sayur, maka apa yang akan kalian katakan?

“Sumpe lo?!”

Sumpe!

Memang tragis sekaligus lucu, kasian tapi juga bodor.

Kejadiannya waktu aku masih SD, di daerah Caruban. Waktu itu aku lagi maen ke rumah sodara yang rumahnya pas banget depan pasar, dimana banyak banget delman dan penumpang yang nungguin. Nggak tau kenapa,tiba-tiba seekor kuda yang yang lagi parkir, menyambar salah seorang penumpang , yang mbok penjual sayur . Kuda itu langsung menggigit si mbok di bagian (maaf) payudaranya trus nggak cukup begitu, si mbok ini diobat-abit gitu. Lhah… untung, meski tua dan renta juga  peyot tapi kuat loh, dia nggak pingsan, cuma jerit-jerit gitu… ya iyalah…  untung pas si kuda itu dipukul sama majikannya, yah meski nggak langsung, tapi akhirnya dilepas gitu.  Ih, kasian tau, lukanya gede,ya jelas berdarah, trus dibawa ke puskesmas. Beberapa hari kemudian (halah) pas aku ke Caruban lagi, si mbok itu udah ke pasar lagi! Udah sembuh, dan sudah deket2 sama si jaran (kuda) yang nggigit dia, lukanya udah mulai kering gitu sih, dikasih obat merah. Aku lupa, apa itu kuda rabies ato gimana, lupa deh, tapi aku masih inget bekas gigitan yang melintang di dada kiri si mbok itu, weiiss… si mbok itu jadi demen buka-buka kutang loh, ngasih liat bekas lukanya, jadi itu yang bikin aku bisa ketawa meskipun kasian, lhah si mboknya bangga gitu… “niki lo bekase dicokot jaran” ini lo bekasnya digigit kuda, begitu katanya setiap kali si mbok memamerkan bekas gigitan gigi kuda yang segede-gede gabang gitu… hehehe dicokot jaran tapi bangga…
Sebelumnya, aku selalu takut sama anjing, ular, beruang, pokoknya hewan yang punya gigi tajam dan terkenal suka menggigit manusia, tapi begitu tau ternyata kuda juga pernah mengigit manusia, dan aku ngeliat si korban, hiy…. jadi ngeri klo suruh deket-deket kuda. Hih… suruh naik kuda ato dokar sih aku nggak takut ya, tapi klo pas deket kepalanya kuda….whua… merinding aku… hiy… klo dicokot jaran gimana….

hyih…

1 thought on “Digigit Kuda”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s