Why I love spicy food?

I love spicy food, termasuk makanan super pedas, thats why I love Bebek Van Java dan Warung Ibu Imas 😀 pedes banget bo!!! Umh, aku juga kecanduan nasi padang… tapi apa sih yang aku nggak suka dari makanan? Kayanya, aku nggak punya makanan favorit karena suka apa saja… 😛

Barusan, ‘menemukan’ ini di milis, cukup membuat aku bilang gini… “oh… ternyata…”

Saya pernah membaca suatu riset yang berkesimpulan bahwa pola makan
suatu masyarakat ada kaitannya dengan garis lintang bumi.

Sederhananya begini, pada garis lintang tropis matahari bersinar
sepanjang tahun, sehingga bakteri jauh lebih cepat berkembang biak
daripada daerah non-tropis. Makanan berbumbu dan pedas ternyata sangat
efektif menekan laju perkembangan bakteri dalam makanan. Oleh sebab
itu di daerah tropis orang-orangnya lebih suka makanan berbumbu dan
pedas (Indonesia, India, Arab, Mesir, Meksiko) dibanding dengan
orang-orang di luar daerah tropis (Eropa, USA, Canada, Jepang, Amerika
Selatan, Australia).

Cheers !
Januar Rahadi

Jadi ingat temanku Dewi yang sudah nggak ada itu, seperti yang aku pernah bilang, dia nggak jelas kan sakitnya apa sampai meninggal, tapi pas kita kemarin ke Bogor, ketemu sama keluarganya, ibunya bilang, Dewi kena TBC usus. Nah lo… ternyata yang dibilang waktu dia Kebon Jati ususnya busuk itu karena TBC toh? Dulu pak Dokter di Kebon Jati bilang, Dewi kebanyakan makan pedes dan asem, itu merusak usus, yang asem itu terutama. Memang kalau diingat-ingat, anak ini memang demen banget makan bakso rasa cabe dan asem, whua… aku yang termasuk doyan pedes aja sampai nggak tahan, lagipula aku memang nggak suka rasa asem seh… Nah, balik lagi ke diagnosa terakhir, mengenai TBC usus ini, kemarin aku ngobrol-ngobrol sama neng Flora yang juga dokter itu, “Flo, temenku yang meninggal itu ternyata kena TBC usus loh katanya”

“Taunya darimana?”

“Dari dokter yang di sanatorium di Bogor, kan si Dewi paru-parunya ada airnya juga, jadi di-cek eh… dokternya curiga yang kemarin dia operasi itu bukan radang usus tapi TBC usus, trus waktu meninggal kata ortunya, badannya muncul benjolan-benjolan gitu, apaan sih itu?”

“Itu TBCnya, wah, berarti udah kemana-mana tuh… bisa jadi sih… dia sempet lumpuh kan yah?”

“Iyah, kan dulu aku pernah cerita dokternya ngetes semua-muanya takutnya lupus, eh tapi kok gak ketauan itu TBC usus ya? Paling nggak kan bisa langsung diobati yang bener”

“Wah, itu di tes gak ususnya? Harus di tes ke Lilis juga tuh… selain klinis biar tau apanya. Klo lumpuh juga berarti otaknya juga kena” temen serumahku yang satunya lagi, si neng Lilis, lagi ambil spesialis PA, jadi untuk memudahkan aku yang orang awam ini, Flora menyederhanakan bahasanya, tapi tetep aja lieur.

“TBC tuh karena apa sih Flo? Virus ato bakteri sih? Ternyata nggak ke paru-paru aja ya? Aku masih penasaran kenapa si Dewi nggak ketahuan TBC usus ya? Harusnya abis operasi, ususnya kan diperiksa lagi, penyebabnya apaan sih kok bisa busuk? Ya nggak sih?” aku tau, pertanyaanku garing dan nggak penting banget, tapi aku kan pengen tau juga…
“TBC itu disebabkan sama mikrobakteria Tubercolose, memang susah sih ngeliat TBC selain di paru-paru… klo mengenai tes itu… wah aku nggak tau, mesti di cek lagi tuh… kenapa, kmu takut itu malpraktek ya?” nggak tau nih nulis Tubercolosenya bener ato nggak

“Nggak juga sih… aku cuma pengen tau aja, mau nanya2 aja, toh si Dewinya juga udah nggak ada, mau di gimanain lagi. Trus biar nggak kena?”

“Susah ya… di Indonesia kan TBC tuh kayak epidemi gitu, bakteri dan mikrobakterianya tumbuh subur dan penularannya gampang sekali, kontak terus menerus dengan penderita kan bikin kita bisa ketularan juga, apalagi misalnya tinggal serumah dengan ventilasi udara yang tidak bagus”

Waduh… jadi ngeri… ya sudah, aku nggak nanya-nanya lagi… soalnya takut. Eh, Flora malah bilang gini, “kita yang sehat aja klo di-cek bisa jdi ada tuh TBCnya…”

Nah..lo…

Aduh, udah deh… hubungannya sama posting di milis apa dong?

Gini, Dewi kan suka pedes, kok bakteri TBC dalam tubuhnya gak matek juga ya?

(tuh kan… aku nggak nyambung lagi?)

1 thought on “Why I love spicy food?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s